Skip to main content

Stop Penggunaan Plastik



Penggunaan plastik sudah seharusnya dihindari sekarang . Terlebih lagi penggunaan plastik untuk membungkus  makanan. Karena plastik berlebihan bisa merusak bumi dan  mempercepat terjadinya global warming. Sedangkan untuk  kesehatan kandungan dioksin dan zat beracun serta adiktif bisa memicu timbulnya penyakit kanker.

Penggunaan plastik memang sudah sering dilakukan  masyarakat. Hanya saja, menurut Kasubid Perubahan Iklim  dan Perlindungan Atmosfir Badan Lingkungan Hidup (BLH)  Riau, Herianto, sebaiknya segera dihentikan penggunaannya secara berlebihan. 

‘’Plastik tidak tahan panas dan dapat mencemari produk   yang akan berakibat buruk terhadap kesehatan konsumen. Perlu diingat, plastik bermasalah untuk lingkungan karena  merupakan bahan yang tidak dapat dihancurkan dengan cepat  dan alami,’’ ujarnya kepada Riau Pos, akhir pekan lalu, disela kegiatan I Love Earth 2013, di Tahura Sultan Syarif  Hasim.

Dalam penjelasannya, plastik merupakan material yang  terbuat dari minyak bumi dan memeliki sifat ringan. Hanya  saja sebagian besar tidak bisa mengurai. Namun, ada juga  beberapa plastik yang bisa terurai.

Plastik yang tidak mengurai dalam tanah, sambungnya, jika dimasukan botol di dalam plastik yang tidak bisa terurai,  lalu kubur. Kemudian, lihat lagi beberapa tahun plastik itu tidak akan berubah.

Bahaya lainnya dari plastik, bila dibakar, asapnya bisa  membuat batuk-batuk dan sesak nafas. Artinya, plastik saat dibakar dan asapnya dihirup manusia maka turut membiarkan racun masuk dalam tubuh. 

Selanjutnya, bahaya lain plastik, menurut dia lagi, bila  membuangnya sembarangan, bisa merusak lingkungan dan makhluk hidup sekitarnya. 

‘’Kita harus segera melakukan reduce, reuse, dan recycle.  Ini harus kita terapkan kepada anak didik di sekolah sejak dini,’’ imbuhnya

Herianto menjelaskan tentang reduce, reuse, dan recycleReduce adalah mengurangi,jadi kita mengurangi memakai plastik. Misalnya, membawa gelas dari rumah ke sekolah. Reuse adalah menggunakan kembali plastik. Dalam halreuse ini harus kreatif merubah plastik menjadi barang yang bisa dipergunakan kembali. 

Sementara recycle adalah mendaur ulang.’’Kita bisa mendaur ulang plastik. Pemulung mengumpulkan sampah dan di daur ulang,’’ ujarnya.

Pengamat Lingkungan Riau, Rosyadi menjelaskan, beberapa  penggunaan plastik yang harus perhatikan bagi penggunanya,  pertama, polyethylene terephthalate.  Biasanya  dipergunakan di botol minuman dan jenisnya transparan,  jernih atau bening. Botol dengan bahan ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Karena bila  terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan  air hangat atau panas, bisa mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat  karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Kedua, high density polyethylene. Material dengan kode HDPE bentuknya berwarna putih susu dan digunakan untuk botol  susu, jus, air, kotak sereal, produk pencuci, galon air  minum, kursi lipat, dan lain-lain. Jenis plastik itu  merupakan salah satu bahan plastik aman untuk digunakan. Dikarenakan, kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara  kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan dan minuman  yang dikemasnya.

Ketiga, polyvinyl chloride or PVC, bahan ini paling susah untuk didaur ulang. Biasa digunakan untuk pipa, kontruksi bangunan, plastik pembungkus (clingwrap), dan botol-botol.  Bahan ini lebih tahan terhadap bahan senyawa kimia,  minyak. Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.

Keempat, low density polyethylene (LDPE). Plastik dengan kode LDPE biasa dipakai untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek  Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

Kelima, plypropylene. Plastik dengan kode ini merupakan pilihan terbaik untuk bahan plastik. Terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum, tempat obat dan botol minum untuk bayi.

Keenam, polystyrene biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, tempat CD, karton tempat telor, dan sebagainya. Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika makanantersebut bersentuhan. Bahan Styrine berbahaya untuk otak mengganggu hormonestrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf.  

Bahan ini dapat dikenali dengan cara dibakar.Sebaiknya polystyrene dihindari.

‘’Lebih baik, hindarilah penggunaan plastik secara berlebihan. Mari kita bersama melakukannya secara bersama dengan baik dan menjaga lingkungan. Bumi ini harus kita jaga agar kita bisa hidup dengan baik,’’ pungkasnya. 

Sediakan Air, Siswa Bawa Gelas 
SMPN 25 Pekanbaru  menerapkan program mengurangi pemakaian sampah plastik dari minuman gelas kemasan kepada seluruh siswa. Dengan tujuan, memberikan pelajaran kepada siswa agar sejak dini melakukan penghentian penggunaan plastik. Seain itu, dengan program ini siswa bisa peduli terhadap lingkungan sekitar sekolah dan menciptakan kebersihan yang sehat. 

Kepala Sekolah SMPN 25 Pekanbaru, Lili Deswita, MPd mengatakan, pihaknya secara bertahap akan memulai mengurangi populasi sampah disekolah ini. Terutama sampah an organik seperti plastik bekas minuman, yang saat ini mendominasi sampah di sekolah. 
“Untuk mengurangi sampah plastik minumas kemasan yang ada saat ini kita memberikan minuman gratis kepada siswa-siswi. Kami tempatkan beberapa galon minuman secara gratis. Tapi, siswa diminta membawa gelas dari rumah untuk diberikan gratis kepada siswa-siswi kami,” ungkapnya.

Peraturan kepada seluruh kantin yang ada, sambungnya, phak sekolah sudah mensosialisasikannya. Sebanyak Sembilan kantin yang ada diminta tidak menjual minuman kemasan gelas plastik. Namun, kata dia, tidak mungkin memberhentikan penjualan minuman kemasan plastik kepada mereka berhenti secara langsung.

‘’Tetapi kami berharap pengelola kantin bisa mengurangi penjualan minuman kemasan tersebut.  dengan cara kami memberikan minuman gratis kepada siswa,’’ jelasnya.

Lili optmis program pengurangan penggunaan sampah pastik minuman kemasan dan jenis sampah an organic disambut baik seluruh elemen sekolah. ‘’Kita hanya ingin sekolah bersih dan bisa memberikan manfaat bagi seuruh warga sekoah dengan program tersebut,’’ ujarnya.***

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo