Skip to main content

Rp10 Triliun Tunjangan Guru Mengendap di Daerah



 Macetnya pencairan tunjangan profesi guru terkuak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menemukan laporan bahwa Rp10 triliun dana yang dialokasikan untuk tunjangan profesi pendidik (TPP) ternyata mengendap di rekening pemerintah kabupaten/kota (pemkab/pemkot).

Irjen Kemendikbud Haryono Umar mengatakan, anggaran yang sudah ditransfer oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ke daerah tidak bisa kembali lagi ke pusat. ’’Itu sudah menjadi hak guru. Jadi wajib disalurkan sampai beres,’’ katanya di Jakarta, kemarin. 

Uang yang mengendap itu akan terus ngendon selama belum ada upaya pencairan oleh pemkab/pemkot.
Menurut Haryono, anggaran TPP 2012 yang ditransfer ke daerah sekitar Rp40 triliun. Menjelang tutup tahun 2012, yang sudah disalurkan ke guru sekitar Rp30 triliun.

Penyebab utama kacaunya pencairan TPP adalah verifikasi data guru. ’’Proses verifikasi jam mengajar 24 jam pelajaran per minggu ini yang lama,’’ kata Haryono. Nah, pemkab/pemkot takut mencairkan TPP kepada guru bersertifikat yang belum terverifikasi beban mengajarnya.

Jika sistem pengawasan dan pencairan tidak diperbaiki, kasus anggaran TPP yang mengendap bakal menggila. Dia berharap, kasus pengendapan anggaran TPP itu tidak sampai berujung kepada korupsi. ’’Kami bisa mencegah. Tapi, jika sudah terjadi, ini urusan penegak hukum (KPK, Red),’’ papar mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Menurut Haryono, posisi strategis untuk mengawal atau mengawasi pencairan TPP adalah inspektorat pemkab atau pemkot. Nyatanya, peran inspektorat daerah melempem. Hal itu terjadi karena anggaran operasional mereka sangat minim. ’’Apalagi, tidak ada anggaran bagi inspektorat daerah untuk khusus mengawasi pencairan TPP,’’ ujarnya.

Dia berharap, pencairan TPP tahun ini tidak sekacau tahun lalu. Sejumlah kementerian terkait terus berembuk mencari solusi. Pembahasan juga melibatkan KPK. 
Ketua Umum Pengurus Besar Persautan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo mengharapkan besarnya anggaran TPP tahun ini diikuti dengan perbaikan sistem pencairan. ’’Harus bisa menjamin pencairan tepat waktu dan jumlah,’’ katanya.

Untuk guru penerima TPP, Sulistyo berharap agar yang bersangkutan meningkatkan kinerja. Guru penerima TPP harus lebih bersemangat, berdisiplin, bertanggung jawab, termotivasi, dan tertib dalam mengajar. ’’Peningkatan ini tidak perlu langsung drastis. Intinya, harus naik,’’ katanya. 

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo