Skip to main content

Ralf Darendrof


Ralf Darendrof

A. Konsensus dan Konflik

Ralf Darendrof mendasarkan pada teori Karl Marx.Bahwa adanya konflik kelas, yakni kelas atas (borjuis)dan kelas bawah (proletar).Ralf dahrendrof merupakan ahli sosiologi yang menggagas tentang masyarakat mempunyai dua wajah yakni konsensus dan konflik.Dia tidak setuju tentang pendapat para fungsionalis yang mengatakan bahwa masyarakat adalah hanya ada integrasi, nilai dan konsensus normatif,dan stabilitas.Para fungsionalis hanya memeberikan anggapan yang kurang baik terhadap konflik dan perselisihan itu.Maka Dahrendrof mencetuskan  teori konflik  yang sangat diperlukan dalam masyarakat dan memberikan perhatian yang positif pada konflik.Begitu banyak perbedaan antara teori Konsensus dan Teori Konflik.Dimana Teori Konsensus menjadikan masyarakat itu statis, karena mereka disatukan oleh adanya norma,nilai moral yang telah disetujui bersama.Berbeda dengan teori konflik merupakan adanya pertentangan oleh elemen-elemen masyarakat yang nantinya akan memunculkan perubahan-perubahan social.

Dahrendrof berusaha menjelaskan dalam masyarakat tidak hanya ada integrasi saja yang dibutuhkan namun konflik itu juga dibutuhkan masyarakat agar tercapai keseimbangan dalam masyarakat.Jadi baginya konsensus dan konflik saling berkaitan satu sama lain.Tidak selamanya masyarakat itu terintegrasi dengan norma dan nilai namun dilain pihak ada suatu pertentangan untuk menjadikan keseimbangan yang dititik beratkan pada pihak sebelah saja.

Seharusnya Teori Konflik social harus dijelaskan terlepas dari adanya pemahaman negative dan bukan penyimpangan namun konflik merupakan bagian dari masyarakat.Dimana masyarakat selalu hidup dengan consensus serta konflik yang saling berkaitan.

B.Otoritas dan Kepentingan

Otoritas merupakan konsep pemikiran Dahrendrof mengenai Teori Konflik. Otoritas tidak konstan karena bukan terdapat pada orangnya atau individunya melainkan terletak dalam posisi.Maka orang yang menempati posisi otoritas di suatu tempat belum tentu  menempati posisi otoritas ditempat lain.Misalnya seorang kepala sekolah menempati posisi otoritas di suatu sekolah,belum tentu dimasyarakat dia akan menempati posisi otoritas bias saja hanya menjadi anggota warga masyarakat saja.

Otoritas dalam masyarakat bersifat dikotomis dan Legitim yang mampu menindak kepada semua orang karena tidak patuh dan memberikan sanksi.Sesorang yang menduduki posisi suatu otoritas tertentu diharapkan akan mengendalikan,yang artinya mereka menduduki posisi otoritas akan berkuasa karena harapan atau yang diinginkan oleh orang-orang yang disekitarnya.

Namun karena adanya perbedaan distribusi otoritas,akibatnya memicu adanya konflik dalam masyarakat karena ketidakpuasan masyarakat pada posisinya dan mencari jalan keluarnya dengan berbagai cara.Pihak yang menempati posisi otoritas dan pihak yang tunduk pasti mempunyai kepentingan yang berlawanan.Kepentingan ada dua yakni laten(yang tersembunyi) dan manifest(kepentingan awal yang dikehendaki).

C. Konflik Dan Perubahan

Konflik menyebabkan adanya perubahan dalam struktur kehidupan masyarakat.Perubahan dianggap dibutuhkan jika dalam suatu struktur kehidupan masyarakat dirasa tidak sesuai ataupun tidak berfungsi lagi.Pada kehidupan manusia pun telah terjadi adanya perubahan dari bayi hingga dewasa,semuanya mengalami suatu perubahan.Begitu pula dengan kehidupan masyarakat yang terus akan mengalami perubahan.Masyarakat yang telah terintegrasi akan mengalami pertentangan untuk menghendaki sebuah perubahan.yang dilakukan oleh kelompok masyarakat.

Dahrendrof berupaya menjelaskan konflik tidak selamanya dianggap negative.Dengan konflik kehidupan masyarakat akan mengalami keseimbangan yang sebenarnya,bukan seperti yang diartiakan para fungsionalis yang mengartikan bahwa konflik tidak boleh terjadi dalam kehidupan masyarakat.Konsep yang dijelaskan Dahrendrof  mengenai consensus,konflik,otoritas yang didalamnya mengandung kepentingan dan kelompok,serta perubahan semuanya berkaitan satu sama lainKonflik bisa muncul karena perbedaan otoritas serta kepentingan.Kapentingan dar suatu kelompok menimbulkan adanya perubahan.

Daftar Pustaka

Dwi,Rachmad.2008.20 Tokoh Sosiologi Modern.Jogja:Arruzz Media.

Ritzer,George dan Douglas Goodman.2010.Teori Sosiologi.

Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo