Skip to main content

PROTOZOA


I. TUJUAN KEGIATAN PRAKTIKUM
 Mengenal keanekaragaman hewan-hewan Protozoa.
 Observasi morfologi dan struktur hewan-hewan Protozoa.
 Mengelompokkan hewan-hewan Protozoa kedalam kelompok kelas yang berbeda berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-cirinya.
 Observasi dan identifikasi ciri-ciri setiap classis.

II. DASAR TEORI

A. Karakteristik Protozoa
Protozoa memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1) Bersel satu, berkoloni, simetris tubuh tidak ada, bilateral, radial, atau spherical.
2) Bentuk sel umumnya tetap kecuali Rhizopoda.
3) Inti jelas, satu atau lebih, tidak memiliki organ atau jaringan.
4) Pergerakan dengan flagellate, cilia, atau pseudopodia atau dengan sel itu sendiri.
5) Beberapa spesies memiliki pelindung/cangkok, banyak di antaranya yang membentuk kista.
6) Hidup bebas, komensalisme, mutualisme, atau parasitisme.
7) Nutrisi : holozoik (memakan organisme hidup lain), saprozoik (memakan organisme yang telah mati), holofilik atau autotrof (dapat membentuk makanan sendiri fotosintesis), saprofitik (menyerap zat yang terlarut di sekitarnya).
8) Reproduksi vegetatif dengan binary fission atau multiple fission sedangkan generatifnya melalui persatuan gamet, konyugasi, dan autogami.


B. Klasifikasi Protozoa
Protozoa diklasifikasikan menjadi 4 kelas :
1) Flagellata
a. Dinding tubuh pellicle (pesikel) dan bentuk relative tetap.
b. Bergerak dengan flagellum (bulu getar).
c. Memiliki inti dan kloroplast dengan klorofilnya untuk fotosintesis.
d. Respirasi secara difusi dengan permukaan tubuh.
e. Ekskresi dengan permukaan tubuh, selain itu dengan vakuola kontraktil bagi yang hidup bebas, sementara yang parasit tidak ada vakuola kontraktil.
f. Vakuola kontraktil selain sebagai alat ekskresi juga berfungsi sebagai osmoregulator (mengatur keseimbangan air).
g. Bagi yang berklorofil holofilik dan yang tidak pencernaan makanan secara internal pada vskuols makanan.
h. Reproduksi secara vegetatif dengan pembelahan biner secara longitudinal dan generatif pada flagellata berkoloni misalnya Volvox sp. Prosesnya, sperma dan ovum mengalami fertilisassi menghasilkan zigot, lalu zigospora, kemudian zoospora dan terbentuk individu baru.
Fllagelata ada yang hidup bebas dan ada juga yang parasit. Flagellata yang hidup bebas : Euglena viridis, Phacus, Pleodorina, Eudorina, Bodo, Noctiluca, Astasia, Volvox dan Synura(koloni), Chlamidomonas, Oxymonas dan Pyrsonimpha (simbiosis). Sedangkan, flagellata yang hidup parasit : Trypanosoma dan Leishmania.




2) Rhizopoda
a) Dinding tubuh plasmolemma dan bentuk berubah-ubah.
b) Bergerak dengan pseudopodium : lobopodia (berkantung tumpul), filopodia (bentuk jarum/tabung), aksopodia (jarum/tabung tidak bercabang), dan retikulopodia (berrcabang lebih dari satu).
c) Memiliki inti jelas.
d) Respirasi dengan permukaan tubuh secara difusi.
e) Ekskresi dengan permukaan tubuh, selain itu dengan vakuola kontraktil bagi yang hidup bebas, sementara yang parasit tidak ada vakuola kontraktil.
f) Vakuola kontraktil selain sebagai alat ekskresi juga berfungsi sebagai osmoregulator (mengatur keseimbangan air).
g) Pencernaan makanan secara internal pada vakuola makanan.
h) Reproduksi vegetatif dengan pembelahan biner secara ortodhox.
Rhizopoda ada yang hidup bebas dan ada juga yang parasit. Rhizopoda yang hidup bebas : Amoeba proteus, Arcella, Difflugia, Globigerina, Actinophrys. Rhizopoda yang hidup parasit : Entamoeba dysentriae, Entamoeba gingivalis, Entamoeba coli.
3) Cilliata
a. Dinding tubuh berupa pellicle (periskel), bentuk relative tetap.
b. Bergerak dengan cilia.
c. Memiliki inti dan beberapa spesies intinya lebih dari satu. Contohnya : Paramecium Aurelia.
d. Respirasi dengan permukaan tubuh secara difusi.
e. Ekskresi dengan permukaan tubuh, selain itu dengan vakuola kontraktil bagi yang hidup bebas, sementara yang parasit tidak ada vakuola kontraktil.
f. Vakuola kontraktil selain sebagai alat ekskresi juga berfungsi sebagai osmoregulator (mengatur keseimbangan air).
g. Pencernaan makanan secara internal pada vakuola makanan.
h. Reproduksi secara vegetatif dengan pembelahan biner secara transversal. Reproduksi generatif dengan konyugasi pada Paramecium caudatum dan autogami pada paramecium Aurelia.
Cilliata ada yang hidup bebas dan ada juga yang parasit. Cilliata yang hidup bebas : Paramecium caudatum, Paramecium Aurelia, Stentor, Spirostomum, Stylonichia, Euplotes, Prorodon, Dileptus, Coleps, Vorticella, Carchecium, Epistylis, Podophrya. Cilliata yang hidup parasit : Balantidium coli.
4) Sporozoa
a. Dinding tubuh berupa pellicle, bentuk relatif tetap.
b. Tidak memiliki alat gerak, bergerak dengan sel itu sendiri.
c. Memiliki inti , pada waktu pembelahan ganda, inti membelah berulang-ulang. Setiap inti membentuk pembungkusnya dan dihasilkan individu baru yang cukup banyak.
d. Respirasi dengan permukaan tubuh secara difusi.
e. Ekskresi dengan permukaan tubuh.
f. Tidak memiliki vakuola kontraktil karena hidupnya parasit.
g. Merupakan hewan saprofitik (menyerap zat yang terlarut di sekitarnya).
h. Reproduksi vegetatif dengan pembelahan berganda dengan banyak individu baru. Reproduksi generatif pada Plasmodium dengan pergiliran keturunan. Fase vegetatif pada tubuh manusia dan fase generatif pada tubuh nyamuk Anopheles betina.
Sporozoa di antaranya : Plasmodium Vivax, Plasmodium Malariae, Plasmodium falcifarum, Plasmodium cynomologi, Plasmodium knowlest, Plasmodium gonderi, Plasmodium berghei, Plasmodium gallinaceum, Monocystis.


III. ALAT DAN BAHAN
Alat :
 CCTV
 Mikroskop listrik
 Kaca objek dan kaca penutup
 Larutan Ringer’s
 Pisau bedah / silet
 Jarum preparat dan pinset
 Baki bedah dan gelas piala
 Fiberglass
 Coverglass
 Pipet tetes




Bahan :
 Preparat awetan Protozoa (dari Jica)
 Kultur jerami
 Air sawah
 Air sungai
 Air kolam
 Kapas
 Cacing tanah segar
 Etanol 70%

IV. CARA KERJA
Untuk Rhizopoda, Cilliata dan Flagelata :
1. Menyiapkan kultur Protozoa dari rendaman jerami, air sawah, air sungai dan air kolam. (Untuk kultur jerami disiapkan satu minggu sebelum melakukan praktikum dengan cara merebus jerami, lalu ditiriskan dan didiamkan sesaat, kemudian menambahkan air sungai dan mendiamkannya selama satu minggu pada keadaan terbuka).
2. Menyiapkan mikroskop dan perlengkapannya.
3. Membuat preparat segar dari kultur yang kita bawa dengan meneteskannya pada kaca preparat. Memberi sedikit kapas untuk membatasi gerakan Protozoa.
4. Melakukan pengamatan hewan-hewan Protozoa yang termasuk kelas Sarcodina, Flagellata, dan Cilliata dengan menggunakan mikroskop
5. Menemukan contoh hewan-hewan lainnya dan mengidentifikasikannya berdasarkan ciri-ciri yang nampak dari pengamatan.
Untuk Sporozoa :
1. Menyiapkan cacing tanah lalu membersihkannya dengan air.
2. Membius cacing dengan etanol 70% di dalam gelas piala.
3. Melakukan pembedahan secara membujur mulai ujung anterior hingga batas akhir clitellum (penebalan).
4. Mengambil vesicula seminalis-nya yang berupa dua pasang gumpalan/bulatan warna putih susu. Mengambilnya salah satu dan menempatkannya pada kaca objek bersih yang telah ditetesi larutan Ringer’s. Menutupnya dengan kaca penutup lalu menekannya dengan ujung jari secara perlahan.
5. Melakukan pengamatan dan mengidentifikasi dengan gambar









V. TABEL PENGAMATAN


No Nama Species Karakteristik
Alat Gerak Cara Gerak Vakuola
Makanan Vakuola
Berdenyut Inti Kloroplas Bintik Mata Cytostoma Cangkang

1. Paramecium caudatum Cillia Meluncur V V V - - V -

2. Stylonychi mytilus Cillia Rotasi V V V - - V -

3. Euglena viridis Flagella Meluncur V V V V V V -

4. Arcella sp Pseudopodia Amoeboid V V V - - - V

5. Amoeba proteus Pseudopodia Amoeboid V V V - - V -

6. Vorticella microstoma Cillia Maju mundur V V V - - V -

7. Phacus caudatus Flagella Rotasi V V V V V V -

8. Stombomonas flaviatilis Flagella V V V V V V -

9. Euglena acus Flagella V V V V V V -

10. Euglena pisciformis Flagella V V V V V V -

11. Synura Flagella Berputar V V V V - V -

12. Monocystis lumbrici - - V - V - - - -


Gambar-gambar hasil praktikum Rhizopoda, Cilliata dan Flagelata :

No Taksonomi Gambar praktikum atau gambar internet
1. Phylum : Protozoa
Classis : Cilliata
Ordo : Hymenostomatida
Genus : Paramecium
Species : Paramecium caudatum

2. Phylum : Protozoa
Classis : Cilliata
Ordo : Hypotrichida
Genus : Stylonychi
Species : Stylonychi mytilus.

3. Phylum : Protozoa
Classis : Phytomastigophorea
Ordo : Euglenida
Genus : Euglena
Species : Euglena viridis


4. Phylum : Protozoa
Classis : Rhizopoda
Ordo : Arcellinida
Genus : Arcella
Species : Arcella sp

5. Phylum : Protozoa
Classis : Sarcodina
Ordo : Amoebida
Genus : Amoeba
Species : Amoeba proteus

6. Phylum : Protozoa
Classis : Cilliata
Ordo : Peritrichida
Genus : Vorticella
Species : Vorticella microstoma

7. Phylum : Protozoa
Classis : Flagellata
Ordo : Euglenida
Genus : Phacus
Species : Phacus caudatus

8. Phylum : Protozoa
Classis : Flagellata
Ordo : Euglenida
Genus : Stombomonas
Species : Stombomonas flaviatilis

9. Phylum : Protozoa
Classis : Flagellata
Ordo : Euglenida
Genus : Euglena
Species : Euglena acus
10. Phylum : Protozoa
Classis : Flagellata
Ordo : Euglenida
Genus : Euglena
Species : Euglena pisciformis
11. Phylum : Protozoa
Classis : Flagellata
Ordo : Phytofiagellida
Genus : Synura
Species : Synura

12. Phylum : Protozoa
Classis : Rhizopoda
Ordo : Foraminifera
Genus : Globoratalia
Species :Globorotalia tumida


13. Phylum : Protozoa
Classis : Sporozoa
Ordo :
Genus : Monocystis
Species : Monocystis lumbrici

Gambar-gambar hasil praktikum Sporozoa :
a. Gambar siklus Monocystis


b. Gambar Praktikum









IV. PERTANYAAN

1. Dapatkah Anda menemukan persamaan yang dimiliki oleh setiap species yang Anda temukan? Tuliskan persamaan-persamaan tersebut!
Jawab :
Bersel satu, memiliki inti, memiliki vakuola makanan, dan memiliki vakuola kontraktil kecuali sporozoa.

2. Dapatkah Anda menemukan perbedaan yang dimiliki oleh setiap species tersebut sehingga dimasukkan pada classis yang berbeda? Tuliskan perbedaan-perbedaannya!
Jawab :
Perbedaannya dilihat dari alat gerak yang digunakan, cara gerak, dan ada tidaknya cytostoma. Jumlah inti pada paramecium lebih dari satu. Sporozoa tidak memiliki vakuola kontraktil, dan pada Euglena memiliki kloroplas dan bintik mata. Pada Amoeba memiliki plasmolema.

3. Tuliskan ciri khas dari tiap-tiap classis pada kolom berikut :

Classis Ciri Khas
Rhizopoda / Sarcodina Memiliki kaki semu (Pseudopodium) dan plasmolema
Flagellata Memiliki Flagel, bintik mata, kloroplas
Cilliata Memiliki cilia, Makronukleus dan mikronukleus
Sporozoa Tidak memilki alat gerak, tidak memilki vakuola kontaktil, dan umumnya hidup parasit

4. Tuliskan kegunaan dan manfaat dari species-species Protozoa yang Anda temukan!
Jawab :

 Kelas Flagellata (Euglena): berperan sebagai fitoplankton sekaligus sebagai produsen karena meiliki kemampuan berfotosintesis.
 Kelas Rhizopoda (Amoeba): berperan sebagai plankton (Zooplankton), sebagai indikator terjadinya polusi (pencemaran air) ada juga yang memiliki sifat parasit.
 Kelas Rhizopoda (Foraminifera) :kerangkanya dapat mengendap di dasar laut membentuk tanah globigerina sebagai petunjuk adanya kandungan minyak bumi dan petunjuk untuk menghubungkan umur bantuan sedimen.
 Kelas Cilliata (Paramecium, Vorticella, Stylonicha) : berperan sebagai plankton
 Kelas Sporozoa (Monocytis): parasit pada cacing tanah
5. Dari teori perkuliahan atau buku sumber yang anda peroleh mengenai Filum Protozoa, lengkapilah tabel berikut :

Filum Pencernaan Makanan Ekskresi Pernapasan Reproduksi
Protozoa Pencernaan makanan secara intraseluler. Sebagian besar dengan vakuola makanan.
Nutrisi :
 Holozoik
 Saprozoik
 Holofitik
 Saprofitik Alat ekskresinya dengan menggunakan permukaan tubuh.
Alat ekskresi yang lainnya yaitu dengan vakuola kontraktil. Bagi protozoa yang parasit tidak memiliki vakuola kontraktil Respirasi secara
Difusi melalui permukaan
Tubuhnya  Vegetatif:
Pembelahan biner (longitudinal pada Flagellata, ortodhox pada Rhizopoda, transversal pada Cilliata)
Pembelahan berganda (multi fission) pada Sporozoa.
 Generatif :
o Koloni
o Konyugasi
o Autogami
o Metagenesis

VI. KESIMPULAN
Protozoa merupakan kelompok hewan bersel satu yang berdasarkan alat geraknya dikelompokkan menjadi empat kelas, yaitu Flagellata (Mastigophora), Ciliata (Infusoria), Rhizopoda (Sarcodina), dan Sporozoa. Setiap kelas memiliki beberapa persamaan yang dapat menyatukan mereka ke dalam filum yang sama dan juga memiliki perbedaannya masing-masing yang menjadi ciri khas dari tiap kelas filum tersebut. Protozoa ada yang hidup secara bebas ada pula yang hidup parasit pada organisme lain.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo