Skip to main content

Popok Kain Vs Popok Sekali Pakai, Mana yang Lebih Baik?



Popok adalah salah satu kebutuhan penting bayi. Jika dulu hanya dikenal popok kain, maka saat ini sudah banyak dijual popok sekali pakai yang lebih praktis. Nah, dari kedua jenis popok itu, mana yang lebih baik?

"Lebih baik gunakan bahan kain saja, tapi pilih bahan kain yang lembut untuk kulit bayi. Namun jika keadaannya mendesak, ingin pergi jauh, atau mengharuskan bayi menggunakan popok sekali pakai, tidak masalah," ujar dokter anak yang berpraktik di RSCM dan RS Hermina Bekasi, dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA (K) saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (8/5/2013).

Menurut dr Piprim, saat ini popok sekali pakai yang banyak beredar di pasaran juga banyak yang memiliki bahan bagus sehingga tidak menyakiti kulit bayi. Baik popok kain atau popok sekali pakai tentu punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihan popok kain misalnya tidak lembab asalkan langsung diganti begitu si bayi mengompol.

"Namun kekurangannya agak sulit digunakan jika bayi ingin pergi keluar rumah. Sedangkan popok sekali pakai dengan kualitas yang tidak bagus juga bisa menimbulkan lembab dan infeksi, misalnya kemerahan pada kulit bayi," terang dr Piprim.

Pilihan penggunaan popok kembali pada orang tua, mana yang dirasa paling nyaman. Namun apapun jenis popok yang dipakai, orang tua harus rajin memeriksa apakah bayi buang air kecil tau besar.

"Jika ya (buang air), maka harus segera diganti karena akan menjadi sarang bakteri dan bisa menimbulkan infeksi jika tidak segera diganti," imbuh dr Piprim.

Nah, berikut ini cara mengganti popok pada bayi seperti dikutip dari buku 'Rahasia Ibu Pintar: Panduan Merawat Bayi Pasca Persalinan Sampai 12 Bulan' yang ditulis oleh Nini Umi Nazwa:

1. Jika anak buang air kecil atau buang air besar maka segera lepaslah celana dan popoknya. Terutama untuk popok sekali pakai agar celana anak tidak terkena kotoran yang ada pada popok.

2. Lepaskan perekat pada popok yang melilit tubuh anak.

3. Lipat popok bagian depan ke belakang atau ke bawah pantat sambil menutupi kotoran anak yang sudah keluar.

4. Jika kotoran masih keluar, lipat lagi popok ke belakang di bawah pantat agar kotoran yang keluar tidak tertindih anak.

5. Gunakan kapas yang sudah dicelup ke air hangat atau tisu basah untuk membersihkan kotoran anak. Lakukan hingga bersih.

6. Jika bayi Anda perempuan, bersihkan kotoran dari depan ke belakang. Sebab jika dilakukan terbalik, kotoran yang terbawa kapas bisa masuk ke organ dalamnya. Padahal kotoran mengandung banyak bakteri.

7. Setelah bagian pantat selesai dibersihkan, keringkan dengan handuk kecil.

8. Taruh popok yang akan digunakan untuk mengganti di bawah pantat anak. Jangan lupa bagian popok yang bertali ditaruh di bawah pantat si anak.

9. Jika perlu ganti juga baju anak.

10. Lakukan dengan cepat dan seksama karena bayi tidak tahan dengan udara dingin.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo