Skip to main content

Pengumuman Hasil SNMPTN 2013

Pengumuman Hasil Resmi SNMPTN 2013 img

Jadwal pengumuman hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) maju. Dari rencana diumumkan Selasa (28/5), maju menjadi Senin (27/5) besok. Pelamar SNM PTN bisa melihat pengumuman melalui internet besok sekitar pukul 18.00 WIB atau di media massa keesokan harinya.
    
"Data di upload ke internet setelah ada konferensi pers dengan media masa di ITB (Institut Teknologi Bandung, red)," kata Ketua Umum Panitia SNM PTN 2013 Akhmaloka kemarin. Konferensi pers hasil SNM PTN 2013 digelar sekitar pukul 15.00 WIB.

Pengumuman kelulusan SNM PTN 2013 dibayangi perbedaan data kelulusan siswa antara versi Kemendikbud dengan dinas pendidikan provinsi. Perbedaan itu terjadi hampir di seluruh provinsi. Salah satunya di Sumatera Utara (Sumut). Versi Kemendikbud ada 641 murid SMA dan sederajat yang tidak lulus. Versi Dinas Pendidikan Sumut, yang tidak lulus 2.948 siswa.


JAKARTA - Rangkaian pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2013 secara resmi ditutup tadi malam pukul 22.00 WIB. Hasilnya ada sekitar 779 ribu pendaftar yang memperebutkan 140 ribuan kursi mahasiswa baru. Pengumuman Hasil SNMPTN 2013 akan diumumkan panitia pada 28 Mei mendatang.

Pengumuman Hasil SNMPTN 2013

Ketua Umum Panitia Pusat SNM PTN 2013 Akhmaloka mengatakan, sejatinya pendaftaran SNM PTN 2013 sudah ditutup Jumat lalu (8/3). Tetapi karena banyak pendaftar yang belum menuntaskan alur pendaftaran SNM PTN, maka panitia memberikan masa perpanjangan waktu hingga tadi malam.

"Besok (hari ini, red) panitia sudah fokus menyeleksi, tidak lagi menerima pendaftaran," kata pria yang juga rektor Institut Teknologi Bandung itu.

Dari rekapitulasi panitia, Universias Padjadjaran (Unpad) menjadi kampus paling banyak diminati pelamar SNM PTN 2013. Akhmaloka mengatakan, jumlah peminat kampus yang berdomisili di Bandung itu mencapai 75 ribuan pendaftar.

Pengumuman Hasil SNMPTN 2013

Posisi berikutnya ada Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan 72 ribuan pendaftar dan Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang ada 71 ribuan pendaftar. "Di kampus ITB sendiri peminatnya ada 30 ribu orang," tandasnya.

Akhmaloka menjelaskan saat ini tim TI (teknologi informasi) SNM PTN 2013 sudah siap dengan layanan teknologi untuk penyeleksian dokumen pendaftaran siswa. Dia mengatakan untuk urusan TI ini, panitia SNM PTN dibantu oleh salah satu BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi.

Pengumuman Hasil SNMPTN 2013

Dalam masa penyeleksian yang dimulai hari ini, Akhmaloka mengatakan seluruh pendaftar SNM PTN 2013 akan dikelompokkan sesuai dengan universitas pilihan pertama. Selanjutnya masing-masing universitas pilihan pertama itu diberi waktu sebulan untuk me-ranking berdasarkan program studi dan nilai rapor.

Selanjutnya hasil pemeringkatan itu langsung dipotong sesuai dengan kuota SNM PTN di masing-masing prodi di sebuah universitas. Bagi pelamar SNM PTN yang namanya terpotong di universitas pilihan pertama, langsung dilempar ke universitas pilihan kedua. "Pemeringkatan di universitas pemilihan kedua ini juga diberi waktu sebulan," ucap Akhmaloka.

Selain berdasarkan nilai rapor, hasil ujian nasional (unas) 2013 juga menjadi penentu kelulusan. Akhmaloka mengatakan hingga saat ini panitia belum menemukan kasus pengatrolan nilai rapor.

Pengumuman Hasil SNMPTN 2013

Biasanya kasus ini baru ditemukan ketika masa daftar ulang SNM PTN pada 11-12 Juni mendatang. Sebab pada waktu itu, setiap pelamar SNM PTN wajib membawa fisik rapor untuk pencocokan nilai di server.

Dia mengatakan jika ada pelamar SNM PTN 2013 yang tidak diterima di unviersitas pilihan pertama dan kedua, tidak perlu kecil hati. Sebab mereka masih memiliki kesempatan untuk ikut di ujian tulis seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) 2013 yang akan diluncurkan Jumat depan (15/3).

Di pihak lain, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan kuota nasional mahasiswa baru PTN tahun ini harus bertambah sepuluh persen dibanding tahun lalu. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, PTN tidak perlu risau dengan instruksi penambahan kursi mahasiswa baru ini.

Pengumuman SNMPTN 2013

"Urusan kekurangan gedung, kekurangan guru, dan kendala-kendala lain bisa dipecahkan," tandas menteri asal Surabaya itu. Nuh mengatakan penambahan mahasiswa baru ini tidak menjadi beban PTN asalkan tingkat mahasiswa yang masa kuliahnya melebihi delapan semester bisa ditekan.

Mantan rektor ITS itu mengatakan, saat ini kasus mahasiswa yang masa kuliahnya melebihi ketentuan normal (delapan semester) masih cukup banyak. Nuh mengatakan mahasiswa tidak bisa serta merta disalahkan dalam fenomena ini. Sebaliknya dia juga meminta PTN dan dosen harus berbenah.

Untuk urusan dosen misalnya, Nuh mengatakan tingkat kehadiran di kelas harus ditingkatkan lagi.

"Sekarang tingkat kehadiran dosen mengajar kuliah hanya 75 persen," tandasnya. Jika tingkat kehadiran itu bisa dinaikkan, Nuh yakin kasus mahasiswa molor menuntaskan kuliah bisa ditekan.

Hasil SNMPTN 2013

Jika alur mahasiswa masuk dan tamat berjalan dengan normal, yakni selama delapan semester, Nuh yakin jumlah unit ruang kelas tidak jadi masalah. Begitu pula dengan jumlah ketersediaan dosen. "Tidak ada bedanya dosen mengajar 20 mahasiswa atau 30 mahasiswa," kata dia

Selain melihatnya melalui situs resmi panitia, para peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 memiliki kesempatan untuk mengakses pengumuman SNMPTN melalui Kompas.com. Pengumuman bisa dilihat dengan mengklik halaman Info SNMPTN 2013.

Rencananya, panitia akan mengumumkan hasil SNMPTN 2013 pada hari ini, Senin (27/5/2013) mulai pukul 16.00. Jadwal ini dimajukan dari jadwal sebelumnya, yaitu besok, Selasa (28/5/2013). Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Panitia SNMPTN 2013 Akhmaloka mengatakan, pengumuman kelulusan dimajukan karena alasan administratif publikasi.

Selain pengumuman, pada halaman ini, pembaca juga dapat menemukan informasi-informasi khusus terkait seleksi masuk perguruan tinggi negeri, baik melalui jalur undangan, jalur tertulis, maupun yang disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri.

Pada tahun ini, mayoritas kursi perguruan tinggi negeri diisi melalui jalur SNMPTN, yaitu seleksi masuk berdasarkan nilai rapor siswa SMA dari semester satu hingga semester lima. Selain itu, nilai ujian nasional juga menjadi syarat SNMPTN. Kelulusan SNMPTN akan batal jika peserta tersebut gagal lulus UN.

Ada sekitar 762.690 siswa kelas XII dari 1,7 juta yang tercatat pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang mendaftar untuk mengikuti SNMPTN 2013. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan sekitar 135.000 kursi yang disediakan oleh 61 PTN.

Sementara itu, panitia SNMPTN menetapkan persentase minimum penerimaan mahasiswa baru ke PTN melalui tiga jalur, yaitu 50 persen melalui jalur SNMPTN, 30 persen melalui seleksi bersama PTN, dan 20 persen melalui seleksi mandiri.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo