Skip to main content

Kurang Yodium Saat dalam Kandungan Bikin Anak Tak Lancar Mengeja




Trimester pertama pada kehamilan adalah saat yang tepat untuk 'menciptakan' bayi sehat. Nah, salah satu zat yang wajib dipenuhi oleh ibu adalah yodium.

Dalam sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism dan dikutip pada Dailymail, Jumat (3/5/2013) mengatakan jika anak dalam kandungan kehilangan zat yodium maka akan menyebabkan buruknya aksara anak terutama dalam ejaan. Tetapi, kurangnya zat kimia itu tidak akan berpengaruh pada kemampuan matematika anak, pengaruh terhadap perkembangan jalur pendengaran dan juga memori berdasarkan pendengaran.

Para ilmuwan mengatakan ibu hamil bisa mencegah kerusakan neurologis jangka panjang dengan mengambil suplemen sebagai bagian dari makanan sehari-hari mereka. Yodium diserap dari makanan dan memainkan peran kunci dalam perkembangan otak, tetapi yang perlu diperhatikan adalah kekurangan ringan selama kehamilan dapat membahayakan perkembangan otak bayi.

Nutrisi ini dapat ditemukan dalam berbagai makanan dan terutama didalam kerang, tetapi sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsinya. Studi ini meneliti nilai tes standar dari 228 anak yang ibunya mengunjungi klinik antenatal The Royal Hobart Hospital's di Tasmania antara tahun 1999 dan 2001.

Anak-anak yang lahir selama periode itu berada pada populasi yang kekurangan yodium ringan. Tetapi, kondisi menjadi terbalik ketika produsen roti mulai menggunakan garam beryodium pada bulan Oktober 2001 sebagai bagian dari program fortifikasi yodium sukarela.

Hasil penelitian menunjukkan paparan yodium tidak memadai dikaitkan dengan efek jangka panjang pada anak berusia sembilan tahun yang tidak mendapatkan cukup yodium ketika di dalam rahim, ia mendapatkan skor rendah pada tes keaksaraan khususnya dalam ejaan.

Namun para peneliti dari University of Tasmania menemukan bahwa asupan yodium rendah sama sekali tidak berpengaruh pada nilai matematika. Mereka mengatakan kekurangan yodium dapat mengambil lebih dari satu korban pada pengembangan jalur pendengaran dan memiliki konsekuensi pada kinerja memori berdasarkan pendengaran.

Para peneliti mengatakan hal ini dapat dicegah jika ibu hamil mengkonsumsi suplemen makanan sehari-hari yang mengandung yodium. Dr Kristen Hynes mengatakan, "Penelitian kami menemukan anak-anak dapat terus mengalami efek kekurangan yodium selama bertahun-tahun setelah kelahiran," katanya.

Dr Kristen pun menambahkan meskipun peserta diet diperkaya dengan yodium selama masa kanak-kanak, suplementasi kedepannya tidak akan cukup untuk membalikkan dampak dari kekurangan selama kehamilan ibu. Untungnya, kekurangan yodium selama kehamilan dan dampak neurologis yang dihasilkan dapat dicegah.

"Wanita hamil harus mengikuti pedoman kesehatan masyarakat dan mengambil suplemen makanan sehari-hari yang mengandung yodium," katanya. Program suplementasi kesehatan masyarakat juga dapat memainkan peran kunci dalam memantau berapa banyak yodium yang diterima penduduk serta bertindak untuk memastikan kelompok yang berisiko dapat menerima cukup yodium dalam makanannya.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo