Skip to main content

Kontroversi penghargaan jurnalis Hamas

Kontroversi penghargaan jurnalis Hamas

Museum interaktif khusus berita dan jurnalis di Negara Bagian Washington D.C, Amerika Serikat, Newseum, memutuskan untuk tetap memberi penghargaan kehormatan untuk dua orang wartawan Hamas tewas saat meliput serangan udara Israel ke Palestina November 2012. Ini mendapat kritikan dari pihak konservatif pro-Israel.

surat kabar the Huffington Post melaporkan, Sabtu (11/5), museum itu akan menambahkan nama Hussam Salama dan Mahmud al-Kumi dua juru kamera bekerja di stasiun televisi Hamas Al-Aqsa di daftar jurnalis patut dikenang bersama 82 wartawan lain meninggal sepanjang tahun lalu.

Salama dan Kumi menjadi sasaran roket Israel dan mereka tewas saat merekam kondisi di wilayah al-Shifaa, Jalur Gaza.

Hukum internasional melindungi Jurnalis dalam konflik militer, siapapun mereka, dan dari mana berasal. Saat di daerah perang awak media menandai kendaraan mereka agar tidak menjadi sasaran. Begitu pula dengan kendaraan stasiun televisi Al-Aqsa.

"Museum kami mencatat nama jurnalis meninggal atau terbunuh saat melaporkan berita. Untuk bisa tercatat di monumen seseorang harus menjadi kontributor berita, dan berhubungan dengan kerja kewartawanan," ujar juru bicara Newseum.

Kepala bidang koresponden asing stasiun televisi NBC Richard Engel bakal memberikan kata sambutan pada anugerah penghargaan itu menolak untuk berkomentar soal itu. Dia memilih menghormati keputusan Newseum.

Hamas telah dicap kelompok teroris oleh pemerintah Amerika dan keputusan untuk memberi penghargaan pada jurnalis dari organisasi ini ditentang keras oleh kalangan konservatif dan beberapa media tidak setuju dengan keputusan tersebut. 

Majalah mingguan the Weekly Standard menuliskan dalam laporannya Newseum menambahkan dua teroris dalam daftar jurnalis tewas. Sementara surat kabar Washington Examiner sengit dengan mengatakan Newseum telah menghina profesi jurnalis dengan memasukkan nama kedua wartawan al-Aqsa itu. 

Direktur Eksekutif Lembaga Nasional Yahudi untuk Demokrasi mengatakan Newseum telah membuat kesalahan dan dia berharap keputusan itu dapat berubah.

Pihak Newseum dalam pernyataan mereka kemarin mengatakan tidak ada kesalahan. Pelbagai organisasi kewartawanan seperti Reporters without Borders, Asosiasi Media cetak dan Surat Kabar Dunia, menunjukkan Salama dan Kumi jurnalis tewas dalam tugas. Organisasi hak asasi Human Right Watch juga bilang dua juru kamera televisi Al-Aqsa ini tidak seharusnya menjadi target roket Negeri Bintang Daud.

"Media terbelah menjadi dua kubu, memuji Hamas, dan memuji Israel, namun menjadikan mereka sasaran dalam peristiwa perang adalah pelanggaran," ujar juru bicara Human Rights Watch. 

Israel membenarkan membunuh keduanya lantaran mengklaim mereka mata-mata berkedok Jurnalis. Namun wartawan lain menantang pemerintah Negeri Zionis untuk membuktikan hal itu. Bahkan Israel juga menyerang fasilitas media di Jalur Gaza.

Newseum menambahkan setiap pemerintah dari negara bertikai dan sekutunya untuk tetap menghormati hukum internasional. Jurnalis tetap jurnalis. Newseum tidak bergeming dan tetap memberikan penghargaan layak bagi wartawan Hamas Salama dan Kumi.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo