Skip to main content

Kisah 20 Mei 1998 dan 20 Mei 2013


20 Mei 1998
Sebelum 20 Mei 1998, kawasan Bulaksumur (UGM), Karangmalang (IKIP Yogyakarta), Gejayan (USD), Jl. Solo (IAIN Sunan Kalijaga)  sudah diwarnai aneka demo menuntut Soeharto mundur. Aku sempat melihat terjadi demo pembakaran boneka Soeharto di Balairung dan hari lainnya melihat ada orasi di barat Balairung oleh Ketua BEM UGM La Ode Ngkowe. Aku melihat pula kejadian mahasiswa SKI dilempari batu di Bunderan UGM. Selain demo juga ada diskusi-diskusi dengan Amien Rais sebagai bintang utamanya. Suatu hari aku sengaja menunggu teman perempuan di UPT Perpustakaan, saat itu pula aku melihat dari UPT Perpustakaan UGM lantai teratas melihat mobil water canon menyemprotkan gas air mata ke kerumunan mahasiswa. Temenku hari itu tak jadi bersua denganku karena kesibukannya sebagai aktivis mahasiswa.
Suatu hari terjadi bentrokan aparat dengan mahasiswa membuat Mozes Gatotkaca terbunuh. Kawasan Gejayan porak poranda. Mahasiswa diburu aparat hingga ke kos-kosan. Suasana mencekam. Aku kos di Klebengan (utara kampus FKH-Fapet UGM) bersama dengan anak-anak UGM dan STTNas. Bersama tetangga kampung, mahasiswa STTNas, aku pada suatu malam berjalan-jalan di Kampung Klebengan dan Karang Bendo (utara Kampus Fahutan UGM). Sepinya malam itu. Hingga sampailah kami di Jl. Kaliurang Km. 5, ada beberapa mobil water canon, gang-gang sudah ditutupi dengan kayu dan bambu dengan penjagaanw arga yang membawa senjata tajam. Karena suasana cenderung bertambah mencekam, kami pun pulang ke kos.
Pagi-pagi, 20 Mei 1998, aku sudah bersiap-siap. Sekira jam 7-8, aku bergabung dengan mahasiswa se-DIY untuk longmarch ke 0 Km Jogja. Kemudian dari Bundaran UGM kami yang berjumlah puluhan ribu berjalan dengan tetap berada di di dalam pembatas dari tali rafia. Sepanjang jalan kami berjalan santai sambil beberapa aktivis mahasiswa berorasi. Sepanjang jalan warga memberi kami minuman kemasan. Ada pula yang memberi makanan snack dan roti. Ternyata ada tambahan dari mahasiswa dari kampus-kampus lain sehingga itu merupakan demo terbesar di Jogja yang pernah ada, nyaris 1 juta. Rutenya Bunderan UGM - Mirota Kampus - Pasar terban - Jembatan Gondolatu - Tugu - Malioboro. Sampailah kami di Malioboro.
Aku tidak bisa merangsek lagi ke 0 Km, hanya di sekitar Gedung Agung-Pasar Beringharjo. Dari kejauhan aku melihat (kalau tidak salah) La Ode Ngkowe berorasi, Sultan HB X juga berorasi, juga Rektor UGM Ichlashul Amal.
Hingga sekira jam 1 siang, demo damai itu pun selesai. Aku bersama kawan-kawan pulang tidak lagi terorganisir seperti keberangkatan. Alhamdulillah selama pulang ke Klebengan, aman dan damai, tidak ada kerusuhan. Rutenya Malioboro - Kotabaru - Kridosono - TB Gramedia - UGM - Klebengan.
Sehari setelahnya, yakni 21 Mei 1998, Soeharto menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia dengan melimpahkan wewenangnya kepada Wakil Preside BJ. Habibie.
Aku tidak ingat persis apa reaksiku waktu mengetahui The Smiling General itu mundur. Susah ataus enang, aku tak ingat persis.
Setelah itu aku kembali kuliah dan berorganisasi.
+++
20 Mei 2013
Kemarin aku ke kampus UGM bersama istri dan kedua anakku. Dari rumah aku gowes, sedangkan istriku memboncengkan anakku naik sepeda motor.
Sampai di kampus motor diparkir di Masjid Kampus UGM. Saat itu seperti biasanya ada Sunday Morning, pasar tiban di kampus terbesar di Indonesia. Aku dan istri berjalan kaki, sedangkan anak-anak bersepeda menuju Grha Sabha Pramana, kemudian ke Balairung. Saat itu pas ada acara jalan sehat dan bersepeda yang finishnya di Balairung. Ada panggung menyanyi pula.
Pagi-pagi, 20 Mei 2013, aku bersih-bersih diri. Kemudian menyalakan notebook untuk ber-Kompasiana dan ber-detikcom ria sambil mendengarkan live streaming sindotrijaya.com. Aku di rumah saja memperingati Hari Kebangkitan Nasional dengan menulis lantas memostingnya di Kompasiana dan juga mengomentari beberapa postingan teman-teman Kompasioner.
Hingga siang ini, setelah disiapin makanan sama istri, aku makan salak pondoh asli Sleman dan makan siang berupa sayur kangkung dan tempe ditemani kedua anakku yang sudah pulang sekolah, aku menulis lagi postingan ini. Istriku berangkat beraktivitas di bimbingan belajar tak jauh dari rumah.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo