Skip to main content

Ini Dia Enam Fakta Unik tentang Sperma



Sekali ejakulasi, konon seorang pria dapat menghasilkan sekitar 200 juta sel sperma. Jadi meski kecil, sel ini mempunyai peranan sangat penting dalam menentukan berhasil tidaknya sebuah proses reproduksi. Tapi tak banyak yang tahu lebih mendetail tentang sel pria ini.

Untuk itu simak enam fakta unik tentang sperma seperti halnya dikutip dari Livescience, Rabu (15/5/2013) berikut ini.

1. Sperma dapat dipengaruhi pola makan
Beberapa studi mengungkapkan bahwa nutrisi tertentu baik bagi kualitas dan kuantitas sperma. Salah satunya, menurut sebuah studi terhadap tikus ditemukan bahwa asam lemak yang ada dalam ikan yang disebut dengan docosahexnoic acid (DHA) bersifat esensial bagi pembentukan sperma.

Kemudian pada bulan Oktober 2011 dalam jurnal Biology of Reproduction, peneliti menjelaskan betapa kritisnya DHA terhadap pembentukan sperma karena DHA mengubah sperma berkepala bundar yang sudah usang menjadi 'perenang' yang kuat dengan kepala berbentuk kerucut dan dilengkapi dengan protein-protein pembuka sel telur.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Lawrence Berkeley National Laboratory, Department of Energy, AS menemukan bahwa pria berusia di atas 44 tahun yang rutin mengonsumsi vitamin C dengan kadar tinggi berpeluang mengalami kerusakan DNA sperma 20 persen lebih kecil dibanding rekan-rekannya yang mengonsumsi vitamin C lebih sedikit.

Efek yang sama juga diperlihatkan oleh antioksidan, vitamin E, seng dan folate, seperti halnya dilaporkan dalam jurnal Fertility and Sterility pada tahun 2012.

2. Bentuknya lucu
Sperma yang sehat memiliki kepala yang oval dan halus serta ekor yang cukup panjang. "Tapi dengan kriteria sperma sehat yang seperti itu, hanya sepertiga sperma pria yang tampak normal. Itu artinya, bagi kebanyakan pria, sebagian besar sperma mereka berbentuk lucu," tandas Dr. Craig Niederberger dalam blog tentang kesuburan pria miliknya, Male Health.

Kalaupun terjadi kecacatan, ada tiga bagian dari sel sperma yang akan mengalaminya yaitu kepala, 'leher', ekor atau kombinasi ketiganya. Misalnya, sperma yang cacat itu memiliki dua kepala; kepala yang terlalu kecil atau terlalu besar; 'leher' atau ekor yang bengkok, rusak atau bergelung; atau ekor yang berjumlah lebih dari satu.

Namun belum ada pakar yang mengetahui apakah anomali sperma ini berpengaruh terhadap kualitas sperma itu sendiri atau tidak.

3. Ditemukan oleh ilmuwan asal Belanda
Sperma baru ditemukan pada tahun 1677 ketika seorang ilmuwan penemu mikroskop asal Belanda bernama Antony van Leeuwenhoek mengaku melihat 'animalcules' yang bergerak seperti belut dalam salah satu sampel semennya sendiri di bawah lensa mikroskop. (Saat itu juga van Leeuwenhoek langsung memastikan kepada para pembacanya bahwa sampel tersebut berasal dari 'kelebihan' sperma yang diperolehnya setelah berhubungan seksual, bukannya masturbasi).

"Tubuhnya bulat, tapi tumpul di bagian depan serta dilengkapi dengan ekor yang tipis dan panjang," tulis van Leeuwenhoek dalam laporan awalnya.

4. Disalahartikan fungsinya sejak ditemukan pertama kali
Antony van Leeuwenhoek bisa dikatakan sebagai penemu sperma pertama, namun ia salah mengartikan bagaimana cara kerja sperma yang kini diketahui berfungsi untuk membuahi sel telur. Faktanya, menurut buku A Mind of its Own: A Cultural History of the Penis” (The Free Press, 2001), proses fertilisasi sendiri belum dapat terbukti hingga tahun 1879.

Pasalnya pada tahun 1600-an, para ilmuwan percaya jika manusia terbentuk di dalam sel telur atau sperma. Bahkan sekelompok ilmuwan yang disebut dengan 'spermist' ini mengklaim dapat melihat humanoid yang sangat kecil di dalam kepala sel sperma. Mereka juga berpendapat bahwa wanita hanyalah berfungsi sebagai 'inkubator' bagi benih yang dimiliki para pria.

5. Agar bisa membuahi, sperma harus dibantu sel telur
Meski dianggap sebagai 'perenang' yang kuat, tapi mereka membutuhkan bantuan ketika akan menembus sel telur. Semburan hormon progesterone yang diproduksi oleh alat kelamin wanita akan mendorong sperma agar dapat menggoyangkan ekornya. Hal ini tujuannya agar sperma dapat terdorong masuk ke dalam membran sel telur yang protektif.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nature pada tahun 2011 pun memastikan adanya sebuah protein bernama capster di dalam sel sperma yang bertanggung jawab untuk menerima sinyal dari hormon wanita tersebut.

6. Pria macho tak selalu punya sperma super
Para wanita cenderung tertarik pada pria dengan suara yang dalam dan jantan. Tapi sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE pada bulan Desember 2012 menemukan bahwa pria macho belum tentu mempunyai kualitas sperma yang lebih baik daripada pria yang pitch suaranya tinggi. Bahkan faktanya, konsentrasi pria yang suaranya dalam itu lebih rendah daripada pria yang suaranya nyaring atau tinggi.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo