Skip to main content

Hancurnya Etika dan Moral Kapitalisme





Sontak Publik dibuat terhenyak, ketika menyaksikan kabar kekejaman dan kesadisan yang telah terjadi di pabrik pengolahan aluminium milik Yuki Irawan di Tangerang. Bagaimana tidak, para buruh diekploitasi dan ditindas dengan tindakan yang tidak memiliki kadar manusiawi sama sekali. Mereka disekap dan dipaksa untuk bekerja di bawah bayang-bayang kekerasan dan siksaan, serta hak-hak mereka sebagai buruh tidak sedikitpun dipenuhi. 

Hal tersebut memperlihatkan bagaimana bentuk perbudakan model tua atau kuno di era globalisasi sekarang ini. Perbudakan itu sendiri merupakan proses perampasan kehidupan budak oleh pemilik budak. Yang dimana para budak diambil semua nilai lebihnya dan dirampas kehidupanya oleh para pemilik budak serta hanya diberikan upah untuk sekedar bertahan hidup saja. Perbudakan tua di era millennium sekarang ini sudah hampir tidak ada, tetapi telah mulai bermetamorfosis menjadi perbudakan yang lebih halus dan mencoba memanusiawikan walaupun sebenarnya tetap saja tidak manusiawi, seperti tercermin pada sistem outsourcing. Sehingga kemudian yang menjadi pertanyaan adalah, bisakah sistem kapitalisme modern sekarang ini berjalan berdampingan dengan pola perbudakan kuno tersebut?

Jawabannya tentu tidak. Karena di dalam sistem kapitalisme modern sekarang ini sangat memerlukan pasar yang dinamis dan fleksibel. Dan pola perbudakan kuno tersebut memiliki sifat yang statis, sehingga menghambat pola relasi pasar yang diinginkan oleh sistem kapitalis itu sendiri, baik pasar tenaga kerja atau pasar produksi. Kemudian apa yang terjadi sehingga terjadi sebuah kasus perbudakan kuno di era kapitalisme sekarang ini?
Bila ditelisik lebih mendalam, itu terjadi karena matinya etika dan moral di dalam sistem kapitalisme ini, yaitu tepatnya telah hilangnya sifat kemanusiaan dari para kapitalis. Seperti yang diungkapkan oleh zizek (2012) bagaimana proses panjang sejarah perubahan masyarakat hirarkis abad pertengahan menjadi masyarakat Borjuis (pemilik modal atau alat-alat produksi) yang modern telah mencapai suatu titik temu dimana semakin mencuatnya sifat kebinatangan dari binatang manusia (human animal) yang egosentris. Artinya manusia terobsesi untuk menumpuk kekayaan dan kenikmatan secara instan dengan menonjolkan sifat individualitas dan egonya sendiri.
    
Hal tersebut tak pelak kemudian menciptakan peng-aminan terhadap tindakan eksploitasi dan penghisapan manusia atas manusia lainnya. Itu terjadi tak lain karena cacad bawaan yang ada di dalam sistem kapitalisme ini. Yaitu bahwa diagung-agungkannya mekanisme pasar dan diminimalisirnya daya proteksi dari pemerintah di dalam sistem kapitalisme, telah membuat manusia seolah bebas mengakumulasi capital (atas dasar hak milik pribadi) mereka tanpa ada batas dan kontrol yang besar dari Negara.
    
Melihat kenyataan yang demikian, membuat tulisan dari Walter Benyamin tentang kapitalisme sebagai sebuah agama menjadi sangat penting. Yang mengungkapkan bahwasannya seorang kapitalis sejati justru bukan seorang yang hedon nan egoistik, akan tetapi merupakan orang yang cukup fanatis di dalam melipatgandakan kekayaannya. Dan bersedia untuk mengabaikan kesehatan, kesenangan, bahkan kelangsungan hidup keluarga serta kelangsungan lingkungan hidup hanya untuk dapat mengejar tujuannya tersebut.
    
Keadaan tersebut membuat seorang kapitalis seolah membuta dengan sifat kemanusiaan manusia sebagai makhluk sesamanya di dunia ini. Mereka dengan buas dan bringas berupaya memacu setinggi-tingginya akumulasi kapitalnya, dengan mengedepankan sifat kebinatangannya. Yang menurut hegel dalam The Phenommenology of the Spirit menggambarkannya sebagai perwujudan dari ”kerajaan spiritual para binatang”. Artinya mereka seolah membuang rasa malu, kasihan, kolektivitas kebersamaan, saling menghargai, toleransi serta saling menolong sebagai makhluk sesama di dunia ini, ketika dikaitkan dengan relasi produksi.
    
Dan pada kasus yang dilakukan Yuki Irawan ini, secara tidak langsung menggambarkan bagaimana para borjuis telah kehilangan akal sehatnya di dalam mengarungi sistem kompetisi yang dihadirkan oleh kapitalisme. Ia menerjang tatanan sosial yang ada, yang telah dibentuk lewat dialektika sejarah karena tekanan yang mencapai titik tertinggi. Apalagi ketika hukum berserta aparatnya memberikan ruang yang memancingnya berbuat seperti itu. 

Etika dan Moral yang seharusnya dikedepankan, telah hancur lebur tertindas oleh sifat-sifat kebinatangan dari binatang manusia di era kapitalisme ini. Sehingga keadaan tersebutlah yang kemudian menjadikan Yuki Irawan berfikir secara instan, akibat obsesinya yang berlebihan untuk menumpuk capital. Dan yang membedakan Yuki dengan para Borjuis yang lain adalah bahwa Yuki telah mencapai titik tertinggi dari sifat kebinatangannya, akibat terdesak oleh kompetisi pasar yang menghimpitnya.
    
Kemudian yang terjadi tak lain adalah pola produksi dengan menggunakan perbudakan yang tak manusiawi sama sekali yang dapat kita lihat pada kasus di Tangerang ini. Pertanyaanya kemudian adalah, sifat apakah yang dengan rela menindas dan mengeksploitasi sesamanya? Dan juga sifat apa yang tidak peduli dengan sesamanya yang sekarat? Bagi hegel itulah sifat binatang. Dan sifat kebinatangan inilah yang telah menghancurkan etika dan moral dari setiap manusia serta berkembang secara pesat akibat terpupuk oleh sistem kapitalisme yang ada. Sehingga apakah kita merupakan bagian dari kebinatangan manusia binatang ini? mari kita refleksikan.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo