Skip to main content

Ekosistem (1) : Belajar Mengenal Lingkungan Hidup Kita


Indri sedang termangu di depan kolam ikan  saat melihat seekor katak menjulurkan lidahnya dan secepat kilat memasukkannya ke dalam mulutnya bersama seekor belalang kecil yang tidak sempat menghindar dari lidah katak. Indri sempat berfikir, wah… katak itu jahat sekali ya?? Kasihan si belalang. Tapi seandainya belalang-belalang itu tidak dimakan katak, mungkin daun tanaman di kolam juga akan habis dimakan oleh si belalang, kalau tanaman di sekitar kolam sudah habis, belalang-belalang itu pasti akan mencari tanaman lain di luar kolam ikan dan mungkin tanaman bunga di taman depan rumah Indri akan habis dimakan pula. Aduh.. Indri jadi bingung…
Sebenarnya yang dilihat Indri di kolam ikan merupakan kejadian alamiah dalam sebuah ekosistem. Di dalam sebuah ekosistem terjadi interaksi antar mahluk hidup dan antara mahluk hidup dengan lingkungannya.  Apakah ekosistem itu? Bagaimana hubungan antar komponen dalam ekosistem? Lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut!
APA SAJAKAH KOMPONEN DALAM EKOSISTEM?
Seperti kita ketahui, ekosistem terdiri atas komponen biotik dan komponen abiotik.
A. Komponen Biotik
Komponen biotik adalah komponen ekosistem yang terdiri atas mahluk hidup, yaitu manusia, hewan dan tumbuhan.  Berdasarkan fungsinya, komponen biotik  dibedakan menjadi produsen, konsumen dan  dekomposer.
1. Produsen
Produsen adalah mahluk hidup/organisme yang dapat menghasilkan makanan sendiri, disebut juga sebagai organisme autotrof. Organisme autotrof terdiri dari kelompok tumbuhan hijau daun (berklorofil) dan menghasilkan makanan melalui proses fotosintesis.
2. Konsumen
Konsumen adalah mahluk hidup/organisme yang tidak dapat menghasilkan makanan sendiri dan bergantung pada mahluk hidup lain untuk memperoleh makanan. Disebut juga organisme heterotrof. Mahluk hidup dalam kelompok ini terdiri dari hewan dan manusia.
Berdasarkan jenis makanannya, konsumen dibedakan menjadi :
a. Herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan. Contoh : sapi, kerbau, belalang, kambing dan rusa.
b. Karnivota, yaitu hewan pemakan daging. Contoh : harimau, cicak, biaya, anjing dan katak.
c. Omnivora, yaitu hewan pemakan daging dan tumbuhan. Contoh : tikus dan ayam.
3. Dekomposer/pengurai
Dekomposer adalah organisme yang dapat menguraikan bahan organik (sisa mahluk hidup) menjadi bahan anorganik. Organisme yang berperan sebagai dekomposer yaitu  cacing, jamur dan bakteri.
B. Komponen Abiotik
 Komponen abiotik adalah komponen tak hidup, seperti air, tanah, udara, cahaya, suhu, kelembaban dan gravitasi bumi.

BAGAIMANA INTERAKSI ANTAR KOMPONEN EKOSISTEM?
Di dalam ekosistem terdapat interaksi antar komponen biotik dan antara komponen biotik dengan abiotik.
Hewan pemakan tumbuhan dan manusia membutuhkan tumbuhan sebagai sumber makanan untuk memperoleh energi.  Manusia membutuhkan hewan sebagai sumber makanan dan membantu mempermudah pekerjaan manusia (contoh : kuda sebagai penarik dokar). Tumbuhan membutuhkan karbondioksida yang dikeluarkan oleh hewan dan manusia dalam proses pernafasannya untuk kegiatan fotosintesis, sedangkan hasil fotosintesis tumbuhan berupa oksigen dimanfaatkan manusia dan hewan untuk bernafas. Itu menunjukkan bahwa antar komponen biotik terdapat interaksi atau hubungan timbal balik.
Tumbuhan, manusia dan hewan sebagai mahluk hidup membutuhkan tanah sebagai habitat (tempat hidup). Tumbuhan membutuhkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis. Beberapa hewan seperti cacing  membantu meningkatkan kesuburan tanah. Akar tumbuhan berperan dalam mengikat air tanah sehingga air cukup tersedia di bumi. Ini menunjukkan bahwa terjadi interaksi atau hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan komponen abiotik.
JADI APAKAH EKOSISTEM ITU?
Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan mengenai pengertian ekosistem, yaitu :
Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungannya.
Masih banyak hal yang perlu kita pelajari untuk mengenal lebih jauh tentang ekosistem. Bagaimana pola interaksi dalam ekosistem serta satuan-satuan ekosistem.  Semuanya akan dibahas pada artikel Ekosistem bagian 2.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo