Skip to main content

Perlunya Sertifikasi Kepala Laboratorium IPA SMP/MTs


Pilar sukses sebuah sekolah adalah Stake holder, Kurikulum , Sarpras yang handal ( Laboratorium dan Perpustakaan ).
Namun sejauh ini perhatian dan kepedulian Pemerintah terhadap Laboratorium IPA yang digaungkan mampu menjadi pilar sukses atau Leader mutu sebuah sekolah hanya sebatas wacana kalaupun ada hanya lah dropping alat yang tak sesuai dengan kebutuhan sekolah, lebih ironis lagi ketidak kepedulian Pimpinan ( KS ) , Guru IPA sendiri terhadap pemanfaatan laboratorium IPA.
Seiring dengan perjalanan waktu ada sedikit titik cerah dengan diterbitkannya PP tentang beban kerja Guru, PP tentang Sertifikasi yang mana salah satu yang menjadi perhatian dan sorotan adalah di akuinya Kepala Laboratorium yang disetarakan dengan beban Mengajar 12 jam Tatap muka.
Namun lagi lagi sungguh ironis...hanya beberapa sekolah yang punya keberanian untuk mengangkat Guru sebgai Kepala Laboratorium yang diharapkan mampu memberdayakan Lab IPA, masih banyak sekolah yang tidak berani mengambil langkah tersebut, dan hal itu cukup beralasan :
1. Untuk menjadi Kepala Laboratorium IPA harus lah memenuhi 4 standar kompetensi  Kepala Laborat/laboran dan ini belum terpenuhi.
2. Belum ada satupun Kepala Laboratorium IPA yang memiliki sertifikat resmi bahwa telah lulus pendidikan Kepala Laboratorium/Laboran.
dua hal diatas sudah cukup memberikan gambaran betapa sulitnya mengangkat Guru menjadi Kepala Laboratorium ( padahal ini jelas penting dan perlu sekaligus Keharusan ).
Sesuai dengan  PP NO 26 TAHUN 2008 TENTANG PENGELOLAAN LABORATORIUM. Sudah jelas di cantumkan kualifiikasi sekalikus kompetensi standar yang wajib di tempuh dan di lakukan sebgai Kepala Laboratorium.
Lantas cara apa yang harus di tempuh dengan kondisi seperti ini;
1. Harus ada kemauan dari sekolah untuk tetap mengangkat Kepala Laboratorium ( bukan pengelola lab/koordinator lab yang selamai ini terjadi di setiap sekolah) demi mutu pendidikan di sekolah, walau cukup dengan SK Kepala Sekolah sehingga dapat digunakan sebagai dasar pemenuhan jam mengajar .
2. Pihak terkait Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Propinsi/kabupatan atau LPMP ada kemauan untuk mengadakan Diklat Kepala Laboratorium  dan sekaligus diterbitkannya SK Kepala Laboratorium ( dengan melalui Ujian/seleksi ) dan sangat dipandang perlu kegiatan ini bersifat berkesinambungan/berkelanjutan.
3. Dengan di terbitkannya SK Kepala Laboratorium secara yuridis formal dan berkekuatan hukum seorang guru di tetapkan sebagai Kepala Laboratorium yang bertanggung jawab penuh tentang pengelolaan, pemanfaatan dan pemberdayaan laboratorium IPA di sekolah ( dan tidak ada lagi pemberdayaan laboratorium apa adanya, atau seadanya ).
semoga ke depan ada perhatian dan kepedulian pemerintah/LPMP untuk mengadakan diklat Kepala Laboratorium untuk semua SMP/Mts  Negeri/swasta. dan Laboratorium IPa yang dibangun dengandana besar tidak hanya di kelola dengan apa adanya.dan laboratorium IPA di berdayakan secara Optimal sehingga mampu meningkatkan proses pemberdayaan Lab IPA untuk pembelajaran dan Penelitian.
Denagn Pengelolaan Laboratorium IPA secara benar maka pilar sukses/mutu pendidikan dapat terwujud dan laboratorium ipa benar benar mampu menjadi wahana Pembelajaran, wahana Penelitian Siswa dan Guru, mampu menghasilkan PTK yang benar benar berkualitas berbasis pemanfaatan dan pemberdayaan pembelajaran di laboratorioum IPA.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo