Skip to main content

Definisi dan Contoh Senyawa Terner


Ada beberapa blog atau website yang menjelaskan bahwa “senyawa terner adalah senyawa yang disusun lebih dari dua unsur. Senyawa terner meliputi senyawa asam, senyawa basa dan senyawa garam”. Bagaimana dengan anda? Setujukah dengan pernyataansenyawa terner adalah senyawa yang disusun lebih dari dua unsur dan senyawa terner meliputi senyawa asam, senyawa basa dan senyawa garam?

Oke sebelum mengetahui apakah pernyataan tersebut benar atau keliru. Kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kata “Terner”. Menurut latin word list, kata terner berasal dari bahasa Latin yaitu dari kata “ter” yang artinyatiga. Jadi, dari kata tersebut mafia online menyimpulkan bahwa senyawa terner adalah senyawa yang terbentuk dari tiga jenis unsur yang berbeda. Contohnya NaOH (natrium hidroksida), di mana NaOH terdiri tiga unsur yang berbeda yaitu unsur natrium (Na), unsur Oksigen (O), dan unsur Hidrogen (H). Contoh senyawa terner yang lain misalnya C2H5OH (alkohol), di mana senyawa tersebut terdiri dari unsur karbon (C), unsur hidrogen (H) dan unsur oksigen (O).

Apakah semua senyawa asam termasuk senyawa terner? Kita ketahui bahwa senyawa terner adalah senyawa yang terbentuk dari tiga jenis unsur yang berbeda. Kalimat itu menekankan bahwa harus terbentuk dari tiga jenis unsur yang berbeda. Akan tetapi, ada senyawa asam yang terbentuk dari dua unsur yang berbeda atau senyawa biner, misalnya senyawa asam klorida (HCl) yang terdiri dari unsur hidrogen (H) dan klor (Cl). Jadi dapat disimpulkan bahwa senyawa asam belum tentu termasuk senyawa terner, karena masih ada senyawa asam yang merupakan senyawa biner. Untuk mengetahui contoh senyawa terner yang lain silahkan baca contoh senyawa asam yang termasuk senyawa terner.

Apakah semua senyawa basa termasuk senyawa terner? Sebelum membahas apakah senyawa basa merupakan senyawa terner terlebih dahulu kita cari definisi dari senyawa basa. Senyawa basa merupakan senyawa yang dapat menghasilkan ion hidroksida negatif (OH) ketika dilarutkan ke dalam larutan air. Oleh karena itu, unsur yang bermuatan positif  ditambahkan dengan ion hidroksida negatif (OH) akan menjadi senyawa basa. Walaupun ion penyusun basa terdiri dari dua unsur, belum tentu senyawa basa semuanya senyawa terner. Ada juga senyawa basa yang merupakan senyawa binerGas amoniakmerupakan contoh dari senyawa basa yang merupakan senyawa biner, di mana gas amoniak memiliki rumus kimia (NH3) yang terdiri dari dua unsur yang berbeda yaitu unsur Nitrogen (N) dan unsur Hidrogen (H). Untuk mengetahui contoh senyawa terner yang lain silahkan baca contoh senyawa basa yang termasuk senyawa terner.

Apakah semua senyawa garam termasuk senyawa terner? Senyawa garam merupakan senyawa yang bersifat netral atau tidak bersifat asam maupun bersifat basa. Senyawa garam merupakan hasil reaksi dari senyawa asam dengan senyawa basa yang sering dikenal dengan isitlah reaksi penggaraman. Ada senyawa asam yang terbentuk dari dua unsur yang berbeda atau senyawa biner, misalnya senyawa garam dapur (NaCl) yang terdiri dari unsur natrium (Na) dan klor (Cl). Jadi dapat disimpulkan bahwasenyawa garam belum tentu senyawa terner, karena masih ada senyawa garam yang merupakan senyawa biner.

Jadi dapat disimpulkan bahwa senyawa terner merupakan senyawa yang tersusun dari tiga jenis unsur yang berbeda. Senyawa asam, basa dan garam belum tentu senyawa terner karena masih ada senyawa asam, basa dan garam yang merupakan senyawa biner dan senyawa quarterner.

Demikian postingan mafia online mengenai senyawa terner. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada kata-kata atau kalimat yang mengalami kekeliruan atau miskonsepsi mohon kritik dan sarannya yang bersifat membangun, sehingga artikel ini menjadi lebih baik.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo