Jumat, 12 April 2013

DAPODIK SEMESTER 2


Akhir-akhir ini banyak yang mengeluh dan kecewa akibat sulitnya mengakses Pengecekan Data Guru. Saya sendiri juga kesulitan untuk membuka situs yang menjadi favorit para guru/PTK dan operator dapodik saat ini. Saya pikir tadinya apakah sistem sedang maintenance atau memang sengaja ditutup sementara. Ternyata tidak, web sebenarnya tetap masih bisa diakses, tetapi memang agak sulit.

Ada beberapa rekan rodajaman yang bertanya "kenapa web susah dibuka, kenapa lama sekali loadingnya, kapan kita bisa akses webnya, apakah web sudah ditutup, atau adakah alamat web pengecekan data guru selain http://116.66.201.163:8083/info.php#" Memang sayatidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, karena saya pun mengalaminya. Namun, ada juga yang berkomentar tentang hasil verifikasi datanya, berarti memang kadang-kadang web tersebut bisa dibuka, tapi kadang-kadang juga sulit. 

Seperti pada posting tentang Sudah Saatnyakah Update Data Dapodik untuk Semester Dua? Sayapun tadinya agak ragu untuk mengirim/mengupload/mengupdate data semester dua, ragu dan takut nanti data yang sudah valid akan jadi bermasalah akibat data semester satu yang bertumpuk dengan semester dua. Juga ragu karena hampir semua web pendataan yaitu P2TK, info pendataan, dan manajemen pendataan sulit diakses. Namun..sesuai informasi diinfopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id bahwa agar segera mengirim data semester dua, maka saya segera melengkapi data semester dua. Memang data semester dua sudah saya persiapkan sebelumnya, dengan melakukan perbaikan sedikit dan melengkapi data yang kurang. Untuk diingat, bahwa dalam mengisi aplikasi semester dua, yang paling penting adalah perlunya mapping kembali rombongan belajar yaitu data peserta didik dan PTK mengajar.

Akhirnya tibalah saatnya, tanggal 25 Maret 2013 saya mencoba upload data (kenapa tanggal 25 karena saya dengar sinkronisasi dilakukan setiap tanggal 26, jadi kalau ingin cepat sinkron upload sebelum tanggal 26 setiap bulannya), alhamdulillah sukses uploadnya, kemudian langkah berikutnya cek di infopendataan.dikdas, tapi .. yah..lagi-lagi gagal membukanya, akhirnya saya tunda, dan keesokan harinya barulah saya lihat di infopendataan ternyata data sudah dalam status cek konversi, berarti tinggal selangkah lagi sampai berhasil diproses, kemudian langkah berikutnya membuka Manajemen Pendataan, tapi sulit juga, karena membuka situs ini juga gampang-gampang susah, jadi saya putuskan besok-besok saja. Akhirnya selang tiga hari, saya iseng mencoba langsung ke Pengecekan Data Guru atau Verifikasi Data Guru..eh..tumben, dapat masuk dengan lancar di situs ini. Dan .. ternyata hasilnya langsung berubah.. padahal statusnya masih Cek Konversi. Dan perubahan ini membuat saya lega dan senang, ternyata data semester dua sudah langsung diterima dan sinkron di P2TK. Alhamdulillah dari 13 guru yang saya cek semuanya tidak ada yang bermasalah. Semoga SKTP segera terbit..tapi saya juga tidak tahu kapan SKTP akan diterbitkan. Kalau ingin melihat contoh hasil pengecekan berikut ini screenshootnya..




Di halaman hasil pengecekan data guru, pada bagian atas sekarang ada keterangan Info Data PTK
Menurut data yang diupload ke Pendataan Pendidikan Dasar Tanggal pengiriman terakhir: 25-03-2013 pukul 10:22
, untuk meyakinkan hasil verifikasi sesuai data yang dikirimkan, dan pada bagian bawah ada keterangan status NUPTK. Oiya..kalau kita coba cek dapodik melalui manajemen pendataan, yang terlihat adalah data semester dua. Setelah kita login kemudian membuka menu sekolah, akan ada peringatan seperti di bawah ini... 



Maka dari itu, kepada semua rekan guru, PTK, dan operator dapodik, saya sarankan agar segera memperbaiki datanya, dan mengupload data semester dua, ingat gunakan aplikasi dengan versi 1.13.0.1 sesuai instruksi. Untuk para operator dapodik, dalam mengerjakan aplikasi harus konsentrasi jangan terpengaruh dengan desakan dari pihak manapun. Kepada para guru/PTK, jangan panik, jangan was-was, dan jangan galau, kalaupun datanya belum bisa dilihat, atau belum valid kan masih ada waktu untuk memperbaiki. Terimakasih. Salam Persahabatan.