Sunday, April 21, 2013

Alat Ukur Tekanan Udara dalam Ruang Tertutup

Pada postingan sebelumnya Mafia Online sudah memposting tentang Alat Ukur Tekanan Udara dalam Ruang Terbuka, di mana alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara pada ruang terbuka adalah menggunakan barometer aneroid. Lalu, bagaimana cara mengukur tekanan udara pada ruang tertutup? Alat apa yang digunakan untuk mengukur tekanan udara pada ruang tertutup? Apakah sama alat yang digunakan untuk mengukur tekanan pada ruang terbuka? Untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut silahkan baca ulasan dari Mafia Online mengenai alat untuk mengukur tekanan udara dalam ruang tertutup

Udara di dalam ruang tertutup memiliki ciri yang berbeda dengan udara di ruang terbuka (atmosfer). Ciri-ciri tersebut menyangkut volume, tekanan, dan suhu.

Manometer Bourdon
Sumber gambar: en.wikipedia.org
Alat pengukur tekanan udara dalam ruang tertutup yang paling sederhana disebut manometer terbuka. Perhatikan di bawah ini, pipa-U diisi sebagian dengan zat cair, biasanya air raksa atau air. Perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar ruang ditunjukkan oleh perbedaan ketinggian permukaan zat cair tersebut. Semakin besar tekanan udara di dalam ruang, perbedaan ketinggian ini juga semakin besar.

 
Alat pengukur tekanan udara dalam ruang jenis lain adalah manometer Bourdon. Perhatikan gambar di bawah ini, tekanan dari dalam ruang tertutup akan mengubah kelengkungan pipa lentur. Ujung pipa itu dihubungkan dengan jarum berskala. Ketika pipa itu berubah kelengkungannya akibat tekanan, penunjukan jarum tersebut juga berubah.

Bagaimana? Apakah ketemu di mana perbedaannya alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara pada ruang terbuka dan tertutup? Oke, demikian dulu postingan Mafia Online tentang Alat Ukur Tekanan Udara dalam Ruang Terutup. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua.

PEMBELAJARAN IPA DI LUAR KELAS

IPA merupakan salah satu Mata Pelajaran yang mempunyai ruang lingkup sangat luas. Di dalam IPA dipelajari tentang sesuatu yang berhubungan ...