Skip to main content

Reproduksi pada Tumbuhan Biji


Tumbuhan biji memiliki bunga. Bunga pada tumbuhan biji berfungsisebagai alat reproduksi generatif. Di dalam bunga terdapat alat kelamin jantan dan betina. Alat kelamin jantan pada bunga tumbuhan biji terdiri atas sejumlah benangsari (stamen).Benangsari memiliki kepala sari (anthera) yang letaknya di ujung tangkai sari (filamen). Dalam kepala sari terdapat satu atau lebih ruang sari (teka) yang merupakan tempat terbentuknya serbuk sari (pollen). Serbuk sari inilah yang disebut gamet jantan. Alat kelamin betina (putik) dapat tersusun atas bakal buah (ovarium), tangkai putik (stillus), dan kepala Putik (stigma). Bakal buah inilah pada tumbuhan biji sebagai tempat terdapatnya bakal biji. Bakal buah tumbuhan biji terletak pada dasar bunga (reseptakel)dan bentuknya menggelembung.

Di dalam bakal biji, terdapat sel telur yang merupakan gamet betina. Tangkai putik adalah suatu saluran sempit untuk melewatkan serbuk sari ketika terjadi proses pembuahan. Fungsi tangkai putik adalah untuk menyokong kepala putik. Kepala putik adalah bagian paling atas dari putik. Pada umumnya kepala putik lengket dan berambut, karena merupakan tempat melekatnya serbuk sari ketika terjadi penyerbukan.

a. Pembentukan Sel Kelamin jantan dan Betina Tumbuhan Biji

Di dalam ruang sari, terdapat sel induk mikrospora diploid. Sel induk mikrospora membelah secara meiosis dan menghasilkan empat sel mikrospora haploid. Setiap sel mikrospora haploid akan membelah secara mitosis dan menghasilkan dua inti, yaitu inti generatif dan inti vegetatif. Ketika bunga sudah dewasa, maka ruang sari akan pecah dan serbuk sari akan keluar dan jatuh di atas kepala putik. Di dalam bakal biji, terdapat sel induk megaspora diploid. Sel induk megaspora bermeiosis menghasilkan empat sel haploid. Dari empat sel tersebut, hanya satu yang hidup menjadi sel megaspora. Sel megaspora kemudian mengalami tiga kali mitosis menghasilkan delapan inti haploid. Enam inti akan berkembang menjadi enam sel haploid. Selanjutnya, tiga sel bergerak ke kutub antipoda dan tiga sel lainnya bergerak ke kutub mikrofil. Dua inti yang tersisa bergerak ke bagian tengah bakal biji. Dua inti ini melebur menjadi satu inti polar diploid. Tiga sel yang terdapat di kutub antipoda disebut sel-sel antipoda. Tiga sel yang terdapat pada kutub mikrofil terdiri atas satu sel telur dan dua sel sinergid.

b. Penyerbukan pada Tumbuhan Biji

Tumbuhan biji ketika bunganya sudah dewasa, ruang sari akan pecah dan serbuk sari keluar dari ruang sari. Kemudian, serbuk sari jatuh di atas kepala putik. Peristiwa jatuhnya atau menempelnya serbuk sari di atas kepala putik disebut penyerbukan (polinasi). Berdasarkan asal serbuk sari, maka penyerbukan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitonogami), dan penyerbukan silang (allogami). Autogami terjadi bila serbuk sari dan putik berasal dari satu bunga yang terdapat pada satu tanaman. Tumbuhan padi dan kedelai merupakan contoh tumbuhan yang melakukan autogami. Geitonogami terjadi bila serbuk sari dan putik berasal dari bunga lain yang berada pada satu tumbuhan. Contoh geitonogami adalah pada tumbuhan jagung. Allogami terjadi bila serbuk sari dan putik berasal dari bunga lain yang sejenis, contoh penyerbukan allogami adalah tumbuhan pepaya dan salak. 

c. Pembuahan pada Tumbuhan Biji

Pembuahan adalah proses peleburan antara inti sel kelamin jantan dan betina. Ketika serbuk sari telah jatuh di atas kepala putik, inti generatif akan bermitosis membentuk dua inti generatif. Inti generatif akan membentuk tabung serbuk sari yang bergerak sepanjang tangkai putik. Kedua inti generatif bergerak mengikuti di belakangnya. Setelah sampai di kandung lembaga, satu inti generatif akan membuahi sel telur dan membentuk zigot diploid. Satu inti generatif lainnya akan membuahi inti polar membentuk inti kandung lembaga sekunder yang triploid. Inti kandung lembaga sekunder akan berkembang menjadi jaringan endosperma yang merupakan cadangan makanan untuk calon tumbuhan baru. Jadi, pada tumbuhan berbiji tertutup, terjadi dua kali pembuahan sehingga disebut pembuahan ganda.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo