Skip to main content

Pertanyaan yang Sering Muncul Berkaitan dengan Data PTK yang Bermasalah


Seiring dengan diberlakukannya pendataan sekolah secara nasional, pihak sekolah perlu berhati-hati dan lebih teliti dalam mengisi dan melengkapi data sekolah. Adanya beberapa item pada kolom isian yang kurang diperhatikan dalam pengisiannya, sehingga menyebabkan hasil data dianggap belum valid atau bahkan berakibat fatal. Banyak sekali komentar yang masuk di blog ini berkaitan dengan cek data PTK, bahkan di website P2TK sendiri sudah memberikan warning terkait dengan banyaknya data PTK yang bermasalah berikut ini adalah peringatan dari P2TK, jika anda mencoba cek data :

  • Perbaiki data guru jika diperlukan melalui Dapodik Dikdas. Data akan terupdate dalam beberapa hari.
  • Jika masih ada masalah, kirim email mengenai masalah yg dimaksud beserta kode NUPTK ke cekdataguru.dikdas@gmail.com
  • HARAP DIPAHAMI BAHWA MEKANISME UPDATE DATA HANYA BISA DILAKUKAN MELALUI APLIKASI DAPODIK.
  • KAMI TIDAK AKAN MENJAWAB REQUEST UPDATE DATA.

Dengan banyaknya email yang masuk dengan nada pertanyaan yang rata-rata hampir sama, maka P2TK melansir FAQ (Frequently Asked Question) maksudnya pertanyaan yang banyak ditanyakan, seperti di bawah ini :
  • Pertanyaan: "Tolong update data saya, berikut filenya (word/excel/backup aplikasi dapodik)."
    Jawaban: Mohon update data anda langsung melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi Kepala Sekolah/ Operator Dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya. Akan percuma jika kami update data anda di sistem kami karena nanti akan tertimpa lagi oleh data dari dapodik.

  • Pertanyaan: "Saya sudah input data kode sertifikasi, mengapa masih invalid di nomer 17 ?"
    Jawaban: Sesuai kebijakan, data sertifikasi kami ambil dari basis data Sertifikasi/NRG dari BPSDMP & PMP. Namun kode NUPTK anda belum tercantum di basis data NRG yang ada pada kami (Dit.P2TK Dikdas). Kami akan mencoba mengupdate data, di saat yang sama Bapak/Ibu pun dapat menanyakan kepada yang bersangkutan.

  • Pertanyaan: "Saya tidak bisa login katanya salah password"
    Jawaban: Isi password dengan format YYYYMMDD, contoh: jika tgl lahir anda 12 April 1963 passwordnya: 19630312. Jika masih salah, berarti data tgl lahir anda salah input di dapodik ada yang terbalik misal tgl diatas menjadi 19631203 atau masih kosong dsb. Silakan cek ke operator dapodik bapak/ibu.

  • Pertanyaan: "Saya tidak bisa login katanya NUPTK tidak ditemukan"
    Jawaban: Data dgn NUPTK tsb belum kemungkinan masuk database, atau salah input. Mohon update data anda melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi kepala sekolah/ operator aplikasi dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data anda akan dapat login dengan sendirinya.

  • Pertanyaan: "Jumlah Jam mengajar saya kosong terus/salah"
    Jawaban: Data mengajar ada di modul rombel di Aplikasi Pendataan. Mohon update data tsb. Khusus untuk kepala sekolah, diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada saat penambahan PTK di kolom tugas ptk.

  • Pertanyaan: "Saya sudah update data via dapodik tapi belum masuk2 di cek guru"
    Jawaban: Ada beberapa server & proses yang dilalui oleh data sebelum masuk database PTK. Jika data telah dikirim, mohon tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya.

  • Pertanyaan: "Masa kerja saya masih salah, sehingga gaji pokok juga salah"
    Jawaban: Karena keterbatasan formulir Dapodik, data SK berkala dan data MKG tidak bisa kami dapatkan sehingga kami menghitung dari TMT Pengangkatan dan/atau TMT PNS. Tentu saja ini belum memperhitungkan faktor honorer/CPNS dll ataupun sistim perhitungan masa kerja segaris. Ke depan kami akan bekerjasama dengan BKN sehingga dapat diperoleh data yang paling akurat.

  • Pertanyaan: "Saya belum punya NUPTK bagaimana mendapatkannya"
    Jawaban: Penerbitan NUPTK bukan merupakan wilayah kewenangan kami

  • Pertanyaan: "Sekolah saya ingin terdaftar Dapodik bagaimana caranya?"
    Jawaban: Coba hubungi KK Datadik kab/kota anda untuk bantuan. 
Itulah daftar pertanyaan dan jawabannya yg dihimpun oleh P2TK, nah..bagiamana dengan data anda apakah sudah valid..silakang tinggalkan komentarnya..terima kasih..

Saya telah mengirim data dapodik tgal 3 januari 2013 untk memperbki data p2tk yg salah namun pemberitahuan di aplikasi data blum dproses, brapa lama wkt yg dperlukan agar brhasil dproses y pak mhn info ny trima ksh
Balas

Balasan


  1. saya tdk tahu kpn diprosesnya..krn klw sy cek data yg diupload akhir desember smpe januari smua statusnya diterima via aplikasi..trmsk sekolah saya
  2. Uut Suherman
    Pa data NRG sudah masuk di PTK tp belum masuk di data dapodik, dan di lihat dari profil jumlah jam sudah sesuai tp di cek di dapodik masih belum memenuhi sarat, gi mn solusinya pa ?
    Balas
  3. saya telah mengisi data dapodik dan di export ke exsell jam mengajjar sudah benar, tapi kenapa pada data p2tk jam mengajar masih 0 apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya: tolong kirim ke muchlisdedy@yahoo.com terimakasih
    Balas

    Balasan




    1. maaf mas muchlis.com sy blm tahu cara mengatasinya
  4. jumlah jam saya beberapa waktu yang lalu masih salah/kosong, kemudian saya perbaiki pada data dapodik kemudian dikirim ulang keserver, tetapi setelah 4 hari dilihat kok masih salah, bagaimana?
    Balas

    Balasan




    1. statusnya sdh berhasil diproses blm..
  5. slamet hariyanto1 Februari 2013 18.12
    saya guru matematika di negeri tapi jam kurang saya cari tambahan di MA tapi didata kok yang muncu cuma dinegeri itu pun jumlah jam mengajarnya masih salah. gimana cara memberbaiki....terima kasih
    Balas
  6. Makasis atas blogspotx.... ini sangat membantu.
    Balas
  7. saya oprtor dari smpn 1 selakau kalimantan barat, saya sudah upload data 23 desember 2012, di data aplikasi tertulis "data berhasil,diproses belum di verifikasi" apa maksudnya ya ???
    Balas

    Balasan




    1. yg penting sdh berhasil diproses berarti sdh diterima dan diproses..blm verifikasi tdk masalah, yg berhak memverifikasi adlh KK-Datadik Kab/Kota..klw memang data sdh benar2 valid yakin tdk ada kekurangn silakan minta verifikasi,tp klw belum gpp
  8. WAKTU LOG IN CEK DATA GURU SELALU PASSWORD SALAH,,,,PDAHAL TGL LHIR SUDAH BETUL N INPUT DATA JUGA BETUL...
    Balas
  9. pak agus, klo nama saya salah didata dapodik gimana cara membetulkannya??
    Balas

    Balasan




    1. perbaikan hny bisa dilakukan melalui aplikasi pendataan di sekolah
  10. saya lupa username dan pass saya berarti saya tidak bisa login ke aplikasi please jalan yang aku tempuh
    Balas

    Balasan




    1. username dan pass sama dg user n pass utk membuka aplikasi pendataan sekolah..kt bs ganti password pd aplikasi baca di http://rodajaman.blogspot.com/2012/12/download-file-seputar-aplikasi.html
  11. kenapa masa kerja bisa berubah-ubah, sebenarnya dari indikator mana masa kerja itu dihitung, dari TMT pengangkatan atau dari masa kerja yang tercantum di SK KGB terakhir.mohon penjelasan dan terima kasih sebelumnya
    Balas

    Balasan


    1. Karena keterbatasan formulir Dapodik, data SK berkala dan data MKG tidak bisa kami dapatkan sehingga kami menghitung dari TMT Pengangkatan dan/atau TMT PNS. Tentu saja ini belum memperhitungkan faktor honorer/CPNS dll ataupun sistim perhitungan masa kerja segaris. Ke depan kami akan bekerjasama dengan BKN sehingga dapat diperoleh data yang paling akurat
  12. pak agus, klo nama saya salah didata dapodik gimana cara membetulkannya??
    Balas

    Balasan




    1. perbaikan hny bisa dilakukan melalui aplikasi pendataan di sekolah
  13. saya lupa username dan pass saya berarti saya tidak bisa login ke aplikasi please jalan yang aku tempuh
    Balas

    Balasan




    1. username dan pass sama dg user n pass utk membuka aplikasi pendataan sekolah..kt bs ganti password pd aplikasi baca di http://rodajaman.blogspot.com/2012/12/download-file-seputar-aplikasi.html
  14. kenapa masa kerja bisa berubah-ubah, sebenarnya dari indikator mana masa kerja itu dihitung, dari TMT pengangkatan atau dari masa kerja yang tercantum di SK KGB terakhir.mohon penjelasan dan terima kasih sebelumnya
    Balas

    Balasan




    1. Karena keterbatasan formulir Dapodik, data SK berkala dan data MKG tidak bisa kami dapatkan sehingga kami menghitung dari TMT Pengangkatan dan/atau TMT PNS. Tentu saja ini belum memperhitungkan faktor honorer/CPNS dll ataupun sistim perhitungan masa kerja segaris. Ke depan kami akan bekerjasama dengan BKN sehingga dapat diperoleh data yang paling akurat
  15. Assalamualikum wr.wb. mohon solusinya ya pak... saya guru ipa dengan serifikasi ipa dan menjabat kepala lab. ipa. data ptk dapodik saya mengajar 5 jam ipa untuk tiga rombel jadi 15 jam dan tugas tambahan kepala lab merangkap guru 12 jam total 27 jam, namun yang sesuai dengan ktsp hanya 4 jam per rombel dengan kepala lab. 12 jam total 24 jam. yang muncul pada jjm linier jumlah jam saya kosong dan kepala lab 12 jam jadi total 12 jam. mengapa demikian ya? mohon bantuan penyelesaian masalahnya pak. terimakasih banyak sebelumnya.
    Balas

    Balasan




    1. tunggu saja pak..nanti ada sinkronisasi data, dt akan disesuaikan
  16. Maaf pak..untuk menambah jam disekolah lain bs tdk jk tdk satu jenjang?.apakah labor ips di smp bs dimskkn dlm tugas tambahan?mohon penjlsnnya pak..tanks
    Balas

    Balasan




    1. bisa sj asalkan mapelnya linier dg sertifikat..dan data hrs diisi di masing2 sekolah
  17. Maaf pak bagaimana guru yang belum sertiikasi.saya rasa pada pengisian data saya kosongkan krena memang beluum sertifikasi atau ada pilihn lain dalam pengisiannya.terus jjm lineernya gimana kurang ngerti..terus tugas tambahan bagi guru SD tidak ada pilihan yang cocok untuk mereka..terus ada catan Guru Honr Sekolah tidak memenuhi Syarat..yang seharusnya bagaimana?
    Balas

    Balasan




    1. verifikasi ini khusus utk tunjangan profesi..data guru yg belum sertifikasi jelas tdk linier..utk guru honor sekolah syaratnya GTY atau Honda agar bs valid
  18. mau tanya pak ? isian dapodik ini apakah hanya untuk guru di bawah diknas saja? terus untuk yang guru madrasah/MA/MTs/MI dibawah kemenag apakah juga harus daftar lewat dapodik ini atau tidak ? terima kasih
    Balas

    Balasan


    1. utk dikdas = aplikasi dapodik
      utk dikmen = aplikasi PAS dikmen
      utk kemenag = EMIS
      mf sy krg paham ttg EMIS, cari sj infonya

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo