Skip to main content

Permasalahan Dapodik Dapodik Kemendiknas

Permasalahan Dapodik
Dapodik Kemendiknas

Kemendiknas mulai 2013 ini merekrut Data Pokok Dapodik dengan SISTEM ONLINE melalui DIREKTORAT P2TK DIKDAS(Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Dengan sistem online ini diharapkan data seluruh sekolah dapat tersimpan secara akurat dan valid, sehingga tidak terdapat data-data fiktif lagi seperti yang terjadi selama ini.

Mekanisme pendataan sistem online ini, yang paling ujung adanya setiap sekolah diberikan KODE REGRISTRASI agar bisa masuk ke server DIREKTORAT P2TK DIKDAS, guna mengirim / upload data yang meliputi Data Sekolah, Data Siswa,Data Guru dan Data PTK.

Sistem online DAPODIK ini berdampak pada :

1.    Penyaluran Dana BOS ke sekolah,
2.    Pemberian Beasiswa kepada siswa berprestasi atau siswa kurang mampu
3.    Kenaikan pangkat Guru / PTK
4.    Tunjangan Profesi / Tunjangan sertifikasi Guru
5.    Dll masih banyak lagi

Namun saat dilaksanakan kebijakan tersebut terdapat beberapa permasalahan diantaranya sebagai berikut:

1.    Situs tempat mengecek Data Guru data PTK perorangan / server DIREKTORAT P2TK DIKDAS,  ( KLIK DI SINI ) tak dapat atau sulit dibuka, hal ini barangkali karena terlalu banyaknya pengguna yang ingin mengakses data pribadinya apakah sudah valid atau belum.

2.    Situs tempat mengecek data sekolah / server DIREKTORAT P2TK DIKDAS, (KLIK DI SINI   ) tidak pernah di update, Inilah yang membuat bingung banyak orang. Contoh ada sauatu sekolah datanya dinyatakan  Tidak ada perubahan padahal data sekolah tersebut sudah valid semua.

Sebenarnya hal di atas bukan permasalahan yang serius, Ini hanyalah karena banyaknya guru yang ingin cepat-cepat melihat data pribadinya dinyatakan valid, padahal bila operator sekolah telah update data pastilah semua data akan valid.

Solusi Terhadap Permasalahan Data Guru Data PTK Dapodik Kemendiknas

SOLUSI  ini diperoleh dari keterangan seorang Operator Sekolah yang sudah pernah update/upload data dan berhasil.

Pastikan data telah di update oleh operator sekolah (data siswa, data sekolah dan data guru, dan ptk), Lalu save/simpan, Cek apakah benar2 data tersebut sudah tersimpan, lalu upload.

Setelah itu cek di sini http://pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/
apakah data yang baru di upload sudah diterima di kemendiknas. (kelihatan tanggal terakhir upload di bagian atas tabel)

Yang boleh masuk di link tsb adalah operator sekolah karena dia yang pegang pasword sekolahnya

Kalo berhasil diterima kita tinggal tunggu beberapa hari, bila belum berhasil segera operator sekolah berkonsultasi ke Dinas Pendidikan Kab./Kota setempat

CATATAN
Bapak-Ibu apabila memiliki sedikit waktu luang, dapat menggunakan di blog ini sebagai sarana diskusi

1.    Silahkan tumpahkan segala uneg-uneg di sini
2.    Memberi masukan kepada uneg-uneg teman kita kalau Bapak-Ibu menemukan solusinya
3.    Tolong berikan RALAT atau tambahan terhadap jawaban saya yang kurang lengkap
4.    Anggap saja di sini sebagai sarana diskusi dan saling BERBAGI pengalaman
5.    Saya yakin apa yang Bapak-Ibu tuliskan akan sangat bermanfaat bagi kita semua

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo