Skip to main content

SUSUNAN RANGKAIAN LISTRIK


Rangkaian Listrik

Rangkaian listrik adalah satu himpunan komponen elektronika yang saling di hubungkan atau di rangkai dengan sumber tegangan menjadi satu kesatuan yang mempunyai fungsi dan manfaat spesifik. Rangkaian listrik cuma ada arus listrik yang bisa mengalir bila listrik tersebut ada didalam kondisi terbuka.
Rangkaian listrik cuma mempunyai dua terminal atau kutub pada kedua ujung rangkaian. Pembatasan komponen ini dapat di kategorikan menjadi komponen aktif dan komponen pasif. Komponen aktif adalah elemen yang bisa menghasilkan energi, contoh dari komponen ini adalah komponen sumber tegangan dan komponen sumber arus.
Sedangkan komponen pasif adalah elemen yang tidak bisa menghasilkan energi, bisa di kelompokan menjadi salah satu elemen yang bisa menyerap energi, misalnya ada didalam komponen resistor atau hambatan yang di simbolkan dengan huruf “R”.
Komponen yang bisa menyimpan energi juga bisa di kelompokkan jadi dua, yaitu komponen yang menyerap energi, misalnya adalah didalam bentuk medan magnet induktor atau kerap kita sebut sebagai lilitan atau kumparan yang di simbolkan dengan huruf “L”, dan komponen pasif yang menyerap energi didalam bentuk medan magnet adalah kapasitor atau kondensator yang di simbolkan dengan huruf “C”.
Kegiatan 1 : Rangkaian listrik arus searah
Tujuan : Menentukan perbedaan besar kuat arus yang dilalui tiap-tiap lampu.
Alat/Bahan : empat bola lampu pijar sama ukuran (daya tertera dilampu, misal 5 W),
kabel secukupnya, empat batu batere (á 1,5 V)
Langkah Kerja : Perhatikan gambar berikut, dan rangkaikan !
 
Pertanyaan :
  1. Manakah nyala lampu paling terang, dan lampu yang paling redup ? Jelaskan !
  2. Jika kabel dekat lampu tiga diputuskan, lampu mana yang mati dan yang masih hidup ?
  3. Dan apa yang terjadi pula jika kabel dekat lampu dua yang diputuskan dan kabel dekat lampu tiga disambung kembali ? Jelaskan !

Contoh Soal :

1). Berapakah jumlah tegangan dan arus yang dihasilkan pada pemasangan seri tiga buah batere yang bertegangan dan arus masing-masing 1,5 V dan 1 A ?
Penyelesaian:
Jumlah tegangan yang dihasilkan sebesar 4.5 V dan arusnya tetap sebesar 1 A.
Lihat gambar dibawah ini !
Vt = V1 + V2 + V3 = 1,5 + 1,5 + 1,5 = 4,5 V
It = I1 = I2 = I3 = 1 A
2). Berapakah jumlah hambatan yang dihasilkan pada pemasangan seri tiga buah beban listrik yang bernilai 12 Ω, 10 Ω, 6 Ω ?
Penyelesaian:
Rt = R1 + R2 + R3 = 12 + 10 + 6 = 28 Ω
Latihan :
Sehubungan contoh soal 1 dan 2 diatas, tentukan nilai hambatan total dan kuat arus tiap beban ! (jika rangkaian paralel)
Kesimpulan :
Berdasarkan contoh soal dan latihan diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa:
  1. Jumlah tegangan dari sejumlah sumber listrik yang dihubungkan seri adalah jumlah dari masing-masing tegangannya
  2. Jumlah hambatan dari sejumlah beban atau komponen listrik yang dihubungkan seri adalah jumlah masing-masing hambatannya
  3. Arus dalam rangkaian seri adalah sama dalam semua bagian-bagian rangkaian.
  4. Arus dalam rangkaian paralel adalah ……………………
  5. Besar hambatan pengganti susunan paralel adalah …………………

Kapasitor

Kapasitor adalah komponen elektronika yang mempunyai kemampuan menyimpan elektron-elektron selama waktu yang tidak tertentu. Pengertian lain Kapasitor adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan dan melepaskan muatan listrik.
Sifat-sifat kapasitor pada umumnya :
  • Kapasitor terhadap tegangan dc merupakan hambatan yang sangat besar.
  • Kapasitor terhadap tegangan ac mempunyai resistansi yang berubah-ubah sesuai dengan frequency kerja. Kapasitor terhadap tegangan ac akan menimbulkan pergeseran fasa, dimana arus 900 mendahului tegangannya. Resistansi dari sebuahkapasitor terhadap tegangan ac disebut reaktansi, dandisimbolkan dengan Xc.Besarnya reaktansi kapasitor ditulis dengan rumus : Xc = (1 )/2πfc
dimana : Xc = Reaktansi kapasitif (ohm)
f = frekuensi kerja rangkain dalam satuan hertz
c = kapasitansi (farad)
Kapasitansi atau kapasitas total (Ct) pada kapasitor yang dirangkai seri seperti gambar dibawah dapat dirumuskan sebagai berikut :
 
Untuk kapasitor yang dirangkai paralel nilai kapasitansi atau kapasitas total (Ct)untuk gambar rangkaian seperti berikut :
 
Kegiatan 2 :Rangkaian Kapasitor Seri dan Paralel
Tujuan :
  • Menentukan nilai kapasitor dengan membaca kode, dan
  • Menghitung nilai kapasitor pengganti (efektif) dalam rangkaian kapasitor susunan seri dan paralel
Berapakah nilai kapasitansi kapasitor yang terlihat pada gambar diatas ?
Penyelesaian:
Seperti yang telihat, kapasitor memiliki kode 104, berarti bahwa 10 diikuti dengan 4 buah angka nol di belakangnya. Dengan menggunakan nilai konversi satuan, maka:
C = 100000 pF (pF = piko Farad)
C = 100 nF (nF= nano Farad)
C = 0,1 µF (μF = mikro Farad)
diperoleh nilai kapasitor pada gambar diatas adalah 0,1 µF
1). Berapakah nilai kapasitor dengan kode 223, 122, dan 471?
2). Berapa nilai kapasitansi efektif yang diberikan rangkaian berikut ?
3). Berapa nilai kapasitas efektif jika kapasitor-kapasitor pada rangkaian soal no. 2 diatas dirangkai paralel ? Bandingkan nilainya dengan no. 2 diatas ! Tuliskan kesimpulan dari soal no 2 dan 3 !

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo