Skip to main content

Soal Jawaban Biologi SMA Kelas X Semester 1


I. Pilihlah salah satu jawaban yang kamu anggap benar!
1. Makhluk hidup dibagi menjadi dua kingdom. Pernyataan ini dikemukakan oleh ….
a. Carolus Linnaeus
b. Darwin
c. Einstein
d. Lamark
e. Aristoteles
2. Pemberian tata nama ganda diatur dalam Kode Internasional yang disebut dengan ….
a. binomial nomenklatur
b. kunci determinasi
c klasifikasi
d. pengelompokan
e. identifikasi
3. Tingkatan terendah dari klasifikasi tumbuhan dan hewan adalah ….
a. kingdom
b. spesies
c. filum
d. kelas
e. divisi
4. Urutan takson tumbuhan dari kelompok terbesar ke kelompok terkecil adalah ….
a. kingdom-filum-bangsa-kelas-suku-marga-jenis
b. kingdom-filum-kelas-bangsa-suku-marga-jenis
c. kingdom-divisio-kelas-bangsa-suku-marga-jenis
d. kingdom-divisio-bangsa-kelas-suku-marga-jenis
e. kingdom-kelas-divisio-bangsa-suku-marga-jenis
5. Suku kata pertama pada tata cara pemberian nama ganda menunjukkan ….
a. kelas
b. ordo
c. genus
d. spesies
e. bangsa
6. Pisang, mangga, kelengkeng, dan durian dikelompokkan dalam tumbuhan buah-buahan. Pengklasifikasian ini tergolong dalam klasifikasi sistem ….
a. natural
b. artifisial
c. praktis
d. manfaat
e. buatan
7. Penulisan nama Latin padi yang benar adalah ….
a. Oryza sativa
b. oryza sativa
c. Oriza Sativa
d. Oryza sativa
e. Oriza sativa
8. Pada taksonomi dari kingdom ke spesies, kondisi jumlah makhluk hidup yang berbeda dalam setiap takson akan ….
a. semakin sedikit
b. berubah-ubah
c. konstan
d. semakin banyak
e. mengikuti posisi taksonnya
9. Euglena kurang cocok jika hanya dimasukkan dalam animalia, karena Euglena juga memiliki ciri yang dimiliki oleh Plantae, yaitu ….
a. cara makannya autotrof
b. selalu bergerak e. cara hidup berkoloni
c. cara makannya heterotrof
d. bersifat tidak bergerak
d. bersifat tidak bergerak
10. Filum dalam klasifikasi hewan yang disebut juga ….
a. divisio
b. genus
c. marga
d. ordo
e. spesies
11. Semakin dekat hubungan kekerabatan makhluk hidup, semakin banyak ….
a. perbedaan sifat
b. persamaan sifat
c. keunikannya
d. keragamannya
e. perbedaan dan persamaannya
12. Daftar yang memuat sejumlah keterangan suatu makhluk hidup yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan kelompok makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya disebut ….
a. kunci dikotomi
b. kunci determinasi
c. klasifikasi
d. pengelompokan
e. animalia
13. Spirogyra sp. mampu melakukan fotosintesis, tetapi dalam sistem klasifikasi kingdom bukan termasuk ke dalam Plantae, melainkan Protista. Alasannya adalah ….
a. memiliki flagelata
b. tidak memiliki dinding sel
c. belum memiliki akar, batang, dan daun sejati
d. belum memiliki membran inti
e. hidup secara anaerobik
14. Jenis makhluk hidup yang menyerupai tumbuhan dan hewan, tetapi bukan tumbuhan dan bukan hewan disebut ….
a. Monera
b. Fungi
c. Protista
d. Plantae
e. Animalia
15. Pasangan yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah ….
a. rubah dan serigala
b. rubah dan berang-berang
c. rubah dan anjing
d. serigala dan anjing
e. serigala dan beruang
16. Dalam klasifikasi makhluk hidup sering digunakan kunci determinasi sederhana yang disebut ….
a. kunci klasifikasi
b. kunci determinasi
c. klasifikasi
d. kunci dikotomi
e. identifikasi
17. Difa adalah seorang ahli ekologi. Manfaat taksonomi bagi Difa adalah ….
a. menemukan adanya spesies baru
b. menemukan adanya senyawa antibodi berciri khusus pada suatu makhluk hidup
c. dapat memperkirakan tentang nenek moyang makhluk hidup tertentu
d. mempelajari deversitas makhluk hidup yang ada
e. mencocokkan pasangan hibrid agar dapat disilangkan dengan makhluk hidup lain
18. Berikut ini yang bukan termasuk variasi dalam spesies adalah ….
a. cara reproduksi
b. jenis makanan
c. bentuk tubuh
d. ukuran tubuh
e. warna tubuh
19. Spesies adalah unit dasar dari klasifikasi biologi. Alasan dua individu yang berbeda dikelompokkan dalam satu spesies yang sama adalah
….
a. mempunyai kesamaan nenek moyang
b. mempunyai banyak persamaan
c. mempunyai banyak perbedaan
d. dapat saling kawin dan menghasilkan keturunan fertil
e. dapat saling kawin dan menghasilkan keturunan steril
20. Kata maniculata dari nama Latin Felis manuculata domesticus menunjukkan ….
a. kelas
b. spesies
c. genus
d. marga
e. kingdom
II. Pilihlah!
A. Jika (1), (2), dan (3) benar
B. Jika (1) dan (3) benar
C. Jika (2) dan (4) benar
D. Jika (4) saja benar
E. Jika semuanya salah
1. Klasifikasi makhluk hidup dapat didasarkan pada ….
(1) warna kulit (3) ukuran tubuh
(2) bentuk tubuh (4) cacat tubuh
2. Ilmu yang mempelajari prinsip dan pengelompokan makhluk hidup disebut ….
(1) sistematik (3) taksonomi
(2) takson (4) botani
3. Mencandra suatu masalah berarti melakukan langkah-langkah mengidentifikasi dan ….
(1) merumuskan (3) menyimpulkan
(2) membuat diskripsi (4) memberi nama
4. Metode yang merupakan dasar dari klasifikasi adalah ….
(1) survei (3) deskriptif
(2) kualitatif (4) empiris
5. Di bawah ini yang tidak termasuk sistem dalam metode rasional adalah ….
(1) sistem praktis (3) sistem natural
(2) sistem artifisial (4) sistem modern
6. Berikut ini yang merupakan pernyataan yang salah adalah ….
(1) Dua atau lebih spesies dengan ciri-ciri tertentu dikelompokkan membentuk takson genus
(2) Beberapa famili dengan ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson ordo
(3) Beberapa genus yang memiliki ciri-ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk takson famili
(4) Beberapa kelas yang memiliki ciri-ciri tertentu dikelompokkan untuk membentuk kingdom
7. Kedua takson ini mempunyai tingkatan yang sama antara tumbuhan dan hewan ….
(1) filum (3) divisio
(2) kelas (4) suku
8. Di bawah ini yang merupakan nama Latin hewan adalah ….
(1) Musa paradisiaca (3) Phaseolus vulgaris
(2) Schistocerca americana (4) Canis familiaris
9. Hewan dikelompokkan menjadi hewan yang berdarah merah dan hewan yang tidak berdarah. Pengelompokan ini berdasarkan sistem ….
(1) natural (3) modern
(2) praktis (4) artifisial
10. Persamaan struktur tubuh eksternal dan internal merupakan pengelompokkan makhluk hidup dengan sistem ….
(1) praktis (3) empiris
(2) artifisial (4) natural
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Sebutkan urutan tingkatan klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dari tingkatan paling besar ke tingkatan paling kecil!
2. Apakah kunci determinasi itu?
3. Bagaimanakah sistem pemberian nama pada makhluk hidup?
4. Apakah yang dimaksud dengan klasifikasi makhluk hidup?
5. Apa tujuan dari klasifikasi makhluk hidup?

Kunci Jawaban
I.
1.E     6.C     11.B     16.D
2.A     7.D     12.B     17.C
3.B     8.A     13.B     18.A
4.C     9.A     14.C     19.D
5.C     10.A    15.C     20.C

Soal dan Jawaban Virus

I . Pilih salah satu jawaban yang benar!
1. Virus tidak dapat masuk dalam kelompok makhluk hidup karena ….
a. virus dapat dikristalkan
b. virus dapat melakukan pembuahan
c. virus dapat menularkan penyakit
d. virus dapat bergerak
e. virus dapat berkembang biak
2. Ukuran virus sangat kecil, yaitu ….
a. 10 milimikron
b. 20 – 300 milimikron
c. 1 – 3 milimikron
d. 200 – 3000 milimikron
e. <10 milimikron
3. Virus tersusun atas selubung protein yang disebut ….
a. virion
b. vaksin
c. kapsid
d. partikel virus
e. hospes
4. Virus mengambil alih fungsi DNA bakteri. Tujuan tindakan virus ini adalah ….
a. melipat gandakan bakteri
b. mensintesis protein dan membuat struktur tubuh virus yang baru
c. agar DNA bakteri melakukan replikasi sebagai persiapan pembelahan sel
d. untuk membuat bakteri hancur
e. untuk mengaktifkan inti sel bakteri hingga dapat memproduksi enzim baru
5. Bagian yang tidak dimiliki oleh virus adalah ….
a. selubung protein
b. membran sel
c. sitoplasma
d. organel sel
e. inti sel
6. Virus yang menginfeksi bakteri disebut ….
a. mikrobakteri
b. bakteriofag
c. profag
d. makrobakteri
e. mikroprofag
7. Virus hanya dapat hidup secara parasit sehingga untuk memelihara virus harus digunakan medium berupa ….
a. air kelapa
b. agar
c. agar campur kentang
d. daging dan kaldu
e. embrio ayam
8. Ekor virus menempel pada dinding bakteri terjadi pada tahap ….
a. sintesis
b. injeksi
c. perakitan
d. adsorpsi
e. melebur
9. Tahap pembentukan disebut juga sebagai tahap ….
a. sintesis
b. injeksi
c. perakitan
d. adsorpsi
e. melebur
10. Saat DNA virus masuk ke dalam sel bakteri adalah pada tahap ….
a. sintesis
b. injeksi
c. perakitan
d. adsorpsi
e. melebur
11. Tahap saat kapsid yang terpisah-pisah antara kepala, ekor, dan serabut ekor menjadi rangkaian kapsid yang utuh adalah tahap ….
a. sintesis
b. injeksi
c. perakitan
d. adsorpsi
e. melebur
12. Enzim yang dihasilkan oleh virus yang dapat memecahkan dinding sel bakteri disebut …
a. Neuraminidase
b. litik
c. lisogenik
d. lisozim
e. lismin
13. Ilmuwan yang pertama kali mengadakan eksperimen tentang virus adalah ….
a. Iwanovski
b. M. Beijerinck
c. Wendell
d. Louis P.
e. Einstein
14. Virus tidak dianggap sebagai sel karena ….
a. virus tidak dapat melakukan pembelahan
b. virus dapat melakukan proliferasi
c. virus tidak bermembran inti
d. virus tidak memiliki sitoplasma dan membran sel, berukuran sangat kecil, serta dapat dikristalkan
e. virus hanya dapat hidup sebagai parasit (parasit sejati)
15. Ilmuwan yang mengemukakan bahwa virus tembakau dapat dikristalkan adalah ….
a. Iwanovski
b. M. Beijerinck
c. Wendell
d. Louis P.
e. Robert Hook
16. Pada saat virus berada dalam tahap lisogenik, mengapa tubuh tidak merasa sakit? Hal ini disebabkan virus ….
a. merusak sistem imun
b. belum cukup matang
c. dapat masuk ke fase litik
d. masih berada dalam sel sehingga sistem imun tidak dapat mendeteksi benda asing
e. tidak bersifat parasit
16. Dalam suatu larutan terdapat virus dan bakteri. Cara memisahkan bakteri dan virus tersebut adalah ….
a. memasukkan antibiotik ke dalam larutan agar bakteri mati
b. menyaring larutan menggunakan saringan biasa agar virus dapat lolos
c. menyaring larutan menggunakan saringan keramik
d. meminimkan nutrien dalam larutan agar bakteri mati
e. memasukkan sel hidup untuk inang virus
18. Virus yang hanya menyerang kera dan manusia dengan gejala pendarahan di dalam dan di luar tubuh disebut dengan virus ….
a. demam berdarah
b. ebola
c. hepatitis
d. kanker
e. herpes
19. Penyakit cacar air disebabkan oleh virus ….
a. E. coli
b. Herpes zoster
c. Varisela
d. Variola
e. Mata belek
20. Sintesis DNA virus terjadi di dalam ….
a. tubuh virus
b. tubuh virus dan inang
c. di alam bebas
d. tubuh inang
e. ekor virus
II. Pilihlah!
A. Jika (1), (2), dan (3) benar
B. Jika (1) dan (3) benar
C. Jika (2) dan (4) benar
D. Jika (4) saja benar
E. Jika semuanya salah.
1. Berikut ini yang bukan merupakan tahapan siklus lisogenik adalah ….
(1) absorpsi (3) sintesis
(2) injeksi (4) pembelahan
2. Tahapan yang tidak terjadi pada siklus litik adalah ….
(1) sintesis (3) perakitan
(2) penggabungan (4) pembelahan
3. Virus dapat mempunyai asam nukleat berupa ….
(1) NRA (3) NDA
(2) DNA (4) RNA
4. Berikut ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh serangan virus dengan asam nukleat RNA adalah ….
(1) penyakit mosaik tembakau (3) hepatitis
(2) influenza (4) AIDS
5. Pernyataan yang tidak benar mengenai virus adalah ….
(1) virus dapat berbentuk seperti huruf T, batang, bulat, dan oval
(2) virus berukuran lebih kecil daripada bakteri
(3) virus tidak dapat hidup mandiri
(4) replikasi virus terjadi di dalam tubuh virus
6. Virus yang menginfeksi bakteri mempunyai asam nukleat yang sama dengan virus penyebab penyakit adalah ….
(1) cacar air (3) herpes
(2) Influenza (4) rabies
7. AIDS dapat menular melalui ….
(1) jarum suntik (3) hubungan seks
(2) bersentuhan (4) air liur
8. Untuk pencegahan terhadap serangan virus, dapat dilakukan ….
(1) suntikan
(2) meminum obat penangkal
(3) berhubungan dengan penderita
(4) melakukan vaksinasi
9. Berikut ini hanya terjadi pada siklus lisogenik adalah ….
(1) absorpsi (3) sintesis
(2) injeksi (4) litik
10. Ciri-ciri yang dapat membedakan virus dengan sel adalah ….
(1) virus memiliki membran inti
(2) virus berukuran kecil, yaitu 10 mikron
(3) virus memiliki sitoplasma
(4) virus dapat mereplikasi dirinya dalam tubuhnya sendiri

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo