Skip to main content

OBAT YG BERSUMBER DARI TANAMAN


Kulit Manggis Obat Alami Untuk Mengobati Insomnia

Obat Untuk Mengobati Insomnia - Apakah anda tahu bahwa sesungguhnya kulit manggis adalah merupakan salah satu obat alami yang cukup ampuh untuk mengobati penyakit insomnia atau susah tidur. Betapa menderita kita yang mengalami suatu keadaan yang sangat susah untuk tidur sehingga badan terasa sangat lemas karena kurangnya istirahat. Bahkan untuk penderita insomnia yang sudah parah bisa mengalami kondisi tidak tidur dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan. Tapi mudah-mudahan informasi yang akan saya sharing mengenai buah manggis ini dapat memberikan manfaat untuk anda penderita insomnia.

Saya sendiri pernah mengalami penyakit insomnia. Dulu ketika insomnia saya kambuh, saya bahkan sampai menangis karena tidak mampu untuk tidur hingga pagi. Betapa menderitanya saya jika saya ingat waktu itu, apalagi seharian harus kerja dengan kondisi yang sangat tidak mendukung. Untuk saya pribadi, timbulnya penyakit susah tidur ini merupakan kesalahan saya sendiri. Yakni karena seringnya dulu saya bergadang (tidur hingga larut malam) sambil minum kopi dan merokok dalam jumlah banyak. Dan kebiasaan itu hampir saya jalani tiap malam pada masa-masa kuliah. Maklum dulu ada mata kuliah yang harus dibuat laporannya setelah praktikum. Celakanya saya dulu malas untuk mengerjakan pada waktu sore atau sebelum menjelang tengah malam. Kebiasaan berkelakar dan bergitar di rumah kost-an teman menjadi penyebab mengapa saya sering mengerjakan tugas laporan pada saat tengah malam.

Jangan sampai anda merencanakan dengan sengaja untuk tidur pada jam tertentu ketika terjadi insomnia. Ini merupakan sesuai pengalaman pribadi tetapi saya tidak menjamin akan sama jika terjadi pada orang lain, tapi menurut saya hasilnya tidak akan jauh berbeda. Misalnya sudah beberapa hari anda mengalami susah untuk tidur dan selalu harus menunggu berjam-jam lamanya hingga tertidur. Kemudian anda dengan sengaja merencanakan nanti malam akan tidur lebih awal (misalnya jam 08.00 malam), maka yang terjadi malah sangat susah untuk menghilangkan kesadaran dalam tidur. Hal ini karena sebelum tidur kita sudah dihantui ketakutan akan sulitnya tidur, sehingga efek psikologis akan membuat kita benar-benar dalam kondisi yang sangat sulit. Pada saat sedang melalui hari-hari dengan insomnia, maka saya dulu berusaha untuk tertidur pada kondisi yang tidak disengaja (seperti nonton televisi). Tetapi saya tidah tahu penjelasan secara ilmiah apakah tindakan saya itu benar atau salah, yang pasti dengan begitu saya dapat tertidur.

Apa saja yang menyebabkan susah tidur atau insomnia. Kali ini saya akan menjelaskan sesuai pendapat dan pengalaman pribadi saya, jadi anda bisa mempertimbangkan dengan referensi dari sumber lain yang mungkin penjelasannya lebih ilmiah. Disamping saya sendiri, ibu saya juga pernah mengalami insomnia hingga tidak bisa tertidur berminggu-minggu. Makanya bagi anda yang membaca mudah-mudahan bisa terbantu oleh artikel ini. Menurut saya penyebab susah tiduritu antara lain :
  • Terbiasa tidur hingga larut malam ditambah dengan komsumsi kopi dan rokok berlebihan. Jika anda senang bergadang hingga jam 2 atau jam 3 pagi setiap malam, maka siap-siaplah anda akan terkena penyakit yang namanya insomnia. Usahakan beristirahat secara rutin sesuai jam istrirahat yang benar, sebagai seorang muslim maka setelah sholat isya adalah pertanda bahwa kita harus istirahat tidur malam. Dengan jadwal tidur yang benar akan membuat kita terbangun pada jam-jam yang benar pula. Tidur sebelum jam 9 malam akan membantu kita untuk terbangun pada jam 5 subuh dan melakukan sholat shubuh. Disamping itu kita akan merasa segar dan siap untuk melakukan pekerjaan dengan semangat yang tinggi.
  • Terbiasa mengkonsumsi obat-obatan yang dapat memberikan efek tidur seperti obat anti mabok kendaraan. Saya dan ibu saya termasuk orang yang mudah muntah pada saat melakukan perjalanan jauh, oleh karena itu saya sering meminum obat anti mabok supaya tidak mual dan dapat tertidur pulas dalam perjalanan. Hasilnya memang saya dapat tidur pulas sepanjang perjalanan dan terbangun pada posisi sudah sampai tujuan. Tapi ternyata ibu saya yang dari muda rajin mengkonsumsi obat seperti ini terkena dampaknya setelah pada usia lanjut.
  • Sering berpikir keras sebelum tidur. Jangan sekali-kali anda membiasakan untuk berpikir keras pada saat anda akan tidur. Ini juga salah satu pengalaman pribadi saya. Dulu saya sering memikirkan dengan keras suatu masalah baik yang berhubungan dengan pekerjaan atau pelajaran. Atau bahkan memanfaatkan waktu sebelum tidur sebagai waktu mencari solusi atas pertanyaan-pertanyaan yang belum sempat terjawab. Akibatnya dulu saya mengalami kondisi dimana mata saya sangat mengantuk berat tetapi pikiran saya melayang-layang tak tentu arah dan tidak dapat mencapai kondisi lupa diri (tidur). Kalau anda tidak percaya anda bisa mencoba sendiri.
Mungkin selain 3 penyebab di atas, masih banyak penyebab lainnya yang bisa dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Tetapi sekali lagi, saya sengaja membuat artikel ini khusus sesuai pengalaman pribadi saya. Sehingga jika ada yang mengalami kondisi yang sama, maka anda boleh mencoba pesan-pesan dari saya yang sudah mengalami.

Sekilas mengenai khasiat buah dan kulit manggis untuk kesehatan tubuh. Manggis merupakantumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia dan dapat kita temui dengan mudah sejak jaman nenek moyang dulu. Manggis mengandung senyawa aktif yang sangat luar biasa yaitu Xanthone. Adapun khasiat dari kulit manggis selain dari obat insomnia adalah :
  • Sebagai obat alami anti peradangan
  • Sebagai obat alami penghambat pertumbuhan sel kanker
  • Sebagai obat alami anti jamur
  • Sebagai obat alami penangkal terhadap radikal bebas
  • Sebagai obat alami penghambat penuaan
  • Masih banyak lagi khasiat dan manfaat dari kulit manggis lainnya

Cara membuat ramuan dari kulit manggis sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit,termasuk sebagai obat penyakit susah tidur :
  • Ambil beberapa kulit manggis yang sudah matang dan cuci sampai bersih
  • Potong-potong menjadi bagian-bagian kecil kemudian rebus dengan air kira-kira takaran tiga gelas
  • Setelah air menjadi takaran 1 gelas, saring dan dinginkan air rebusan
  • Tambahkan madu jika ada, kemudian minum 2 kali sehari.
  • Mudah-mudahan dapat membantu
Anda bisa membeli produk yang sudah jadi jika anda malas dan ragu untuk membuat sendiri ramuan atau jus kulit manggis. Setahu saya sekarang mungkin anda sudah sering mendengar atau mendapat tawaran untuk membeli produk yang terbuat dari kulit manggis. 

Kalau ibu saya sendiri mengkonsumsi jus kulit manggis yang sudah dijual dalam bentuk produk. Hasilnya cukup memuaskan dan dapat berangsur-angsur bisa tidur dengan normal. Padahal sebelumnya ibu saya sudah mencoba obat dari dokter untuk beberapa kali tetapi hasilnya nihil. Ibu bisa tidur jika pada saat minum pil tidur, tetapi jika tidak minum maka tidak akan bisa tidur. Sudah mencoba ke rumah sakit yang lebih canggih dengan dokter yang lebih memadai, tetapi tetap juga masih ketergantungan pada obat tidur. Yang celakanya bahkan lama-kelamaan obat tidur tersebut harus dinaikkan dosisnya karena tidak lagi berpengaruh. Tapi syukur Alhandulillah, setelah ibu saya meminum jus kulit manggis yang dibelikan oleh kakak perempuan saya, ibu saya mulai bisa tidur dengan normal. Bukannya saya mau promosi produk tertentu, tetapi ini merupakan murni pengalaman pribadi yang siapa tahu dapat membantu orang lain yang mengalami hal sama.

Itulah sekilas cerita pribadi saya mengenai khasiat kulit manggis sebagai obat alami untukmengobati insomnia. Jika anda memilki cara lain untuk mengobati susah tidur, maka saya harap anda bisa sharing di kotak komentar. Karena siapa tahu akan dapat membantu banyak orang yang sama-sama mengalami penderitaan akibat tidak bisa tidur selama berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit merupakan salah satu tanaman tradisional berjenis rimpang yang biasa ditanam di pekarangan rumah dan mempuyai khasiat untuk kesehatan tubuh serta mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain dikenal sebagai bumbu masakan, kunyit ternyata mengandung zat-zat dan senyawa yang sangat bermanfaat. Salah satu zat yang sangat penting yang terkandung di dalamnya adalah curcumin, yaitu merupakan senyawa polifenol yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Tanaman kunyit ini tumbuh subur di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, sehingga diberbagai daerah terdapat nama-nama sebutan tersendiri. Dan juga sangat dikenal sejak dahulu kala oleh nenek moyang kita di berbagai pelosok negeri. Tumbuhan jenis ini termasuk ke dalam kelas monocotyledonae, bangsa zingiberales, suku zingiberaceae, marga curcuma dan spesies curcuma longa linn. Secara umum kita kenal sebagai salah satu jenis tanaman rimpang atau umbi-umbian seperti lengkuas, jahe dan kencur.

Khasiat Tanaman Kunyit untuk Kesehatan

Apa Saja Zat-zat dan Senyawa Kimia Terkandung didalam Rimpang Kunyit dan Apa Khasiatnya ?

Setiap tumbuhan atau buah-buahan mengandung zat-zat atau senyawa kimia yang berguna, termasuk juga pada kunyit. Secara penelitian bisanya setiap zat-zat ini mempunyai fungsi tertentu secara ilmu kedokteran. Untuk zat-zat dan senyawa kimia atau mineral yang terkandung di dalam kunyit adalah sebagai berikut :
  1. Curcumin. Zat ini berkhasiat untuk menekan perkembangan sel kanker dan antioksidan.
  2. Dihidrokurkumin
  3. Desmetoksikurkumin
  4. Bisdesmetoksikurkumin
  5. Minyak Atsiri. Senyawa ini yang memberikan aroma khas pada kunyit.
  6. Kurlon Kurkumol
  7. Atlanton
  8. Bisabolen
  9. Seskuifellandren
  10. Zingiberin
  11. Aril Kurkumen
  12. Hurmulen
  13. Fruktosa
  14. Arabinosa
  15. Glukosa
  16. Pati
  17. Tanin
  18. Dammar
  19. Magnesium Besi
  20. Mangan
  21. Kalsium
  22. Natrium
  23. Kalium
  24. Timbal
  25. Seng
  26. Kobalt
  27. Alumunium
Adapun khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh manusia adalah :
  • Menurunkan tekanan darah
  • Obat malaria
  • Obat cacing
  • Sebagai anti gatal
  • Anti kejang
  • Anti septik
  • Menyembuhkan demam pada ibu hamil, sehingga aman untuk janin
  • Mengobati hepatitis
  • Gangguan pencernaan
  • Anti mikroba
  • Menghambat pertumbuhan sel tumor payudara
  • Diabetes melitus
  • Usus buntu
  • Tifus
  • Rematik
  • Amandel
  • Memperlancar ASI
  • Berak lendir
  • Mengobati keseleo
  • Asma
  • Diare
  • Meningkatkan keekbalan tubuh
  • Sakit lambung
  • Radang gusi
  • Mengobati cacar air
  • Mengobati keputihan
Coba bayangkan betapa banyaknya manfaat atau khasiat dari tanaman satu ini. Coba bayangkan betapa Tuhan menjadikan kunyit ini merupakan tumbuhan yang mudah kita peroleh dan sering dipakai sebagai bumbu masakan yang kita konsumsi setiap hari. Rupanya dengan kita tidak sengaja mengkonsumsi kunyit yang ada dalam masakan telah memberikan manfaat yang begitu banyak bagi tubuh. Makanya saya salah satu orang yang lebih menyukai makanan alami di banding makanan produk olah manusia. Bahkan bayi saya sendiripun sangat menyukai buah-buahan dan menolak makanan olahan manusia.

5 Resep Tanaman Kunyit Untuk Penyembuhan Penyakit :
  1. Mengobati sakit keputihan. Bahan-bahan : 2 rimpang kunyit, gula kelapa/aren secukupnya, 1 gagang buah asam, 1 genggam daun belutas. Cara membuat : semua bahan direbus dengan air hingga mendidih, kemudian saring dan dinginkan sejenak sebelum diminum. Minumlah ramuannya rutin satu gelas sehari.
  2. Mengobati diabetes melitus. Membuat ramuannya : rebus satu liter air dengan 3 rimpang kunyit dan setengah sendok teh garam hingga mendidih. Saring air rebusannya dan diminum 2 kali seminggu.
  3. Mengobati malaria. Bahan-bahan : 3 gram rimpang kunyit, 5 gram kayu cendana, 20 gram temulawak, 15 gram kulit pule, 5 gram kulit pohon keningar, 6 gram daun jering, 7 tetes minyak kayu putih dan 450 cc air. Cara membuat : haluskan bahan-bahan dan rebus dengan air hingga mendidih. Minumlah 3 kali sehari sampai sembuh.
  4. Menghilangkan bau badan. Masukkan parutan 1 rimpang kunyit dengan air panas satu gelas. Saring airnya dan minum 3 kali sehari.
  5. Mengobati perut kembung. Masukkan parutan 50 gram rimpang kunyit ke dalam air masak. Saring dan ambil airnya. Ramuan diminum 3 kali sehari


Tumbuhan Tradisional dan Khasiatnya

Tumbuhan tradisional biasanya ditanam pada halaman sekitar rumah tempat tinggal dan mudah diperoleh serta khasiatnya dipercaya secara turun-temurun. Warisan para orang-orang terdahulu yang patut dicontoh adalah kebiasaan memakan tumbuhan-tumbuhan alami baik sebagai tambahan makanan ataupun sebagai obat. Oleh karena itu orang-orang dahulu mempunyai umur yang panjang. Karena pada setiap tumbuhan itu kaya akan bermacam-macam zat atau senyawa yang khasiatnya baik untuk kesehatan tubuh.

Negara Indonesia merupakan negara yang terletak pada garis khatulistiwa atau garis equator bumi, sehingga mempunyai iklim tropis (iklim panas). Salah satu ciri khas dari daerah yang mempunyai iklim tropis yaitu panas dan hujan sepanjang tahun. Hutan rimba dengan pepohonan besar dan semak belukar juga merupakan jenis hutan yang tumbuh pada daerah tropis. Di dalam hutan hujan tropis terdapat aneka ragam tumbuhan yang banyak sekali jenis-jenisnya dan mungkin sampai saat ini belum teridentifikasi sepenuhnya.

Nenek Moyang Kita Bergantung Pada Tumbuhan Tradisional ?

Jika anda orang yang berasal dari desa atau termasuk yang mempunyai kampung halaman, maka anda mungkin lebih banyak mengetahui jenis-jenis tumbuhan atau tanaman. Ini karena biasanya orang desa dalam setiap pekerjaannya terlibat dengan alam sekitar sehingga mereka akan tahu lebih banyak dibanding orang kota yang kesehariannya lebih banyak di kantor. Dan lagi memang ada resep pengobatan turun-temurun dari zaman nenek moyang yang sudah menjadi kebiasaan orang-orang desa. Sewaktu saya masih kecil saya sering menjadikan tumbuhan-tumbuhan sebagai obat ketika sakit. Disamping karena dulu rumah sakit belum ada dan akses kesehatan masih sulit maka tumbuhan-tumbuhan menjadi pilihan satu-satunya dalam hal penyembuhan penyakit.

Misalnya sewaktu saya luka karena goresan atau terkena benda tajam tertentu maka untuk menghentikan pendarahan bisa digunakan tumbuhan betadin atau nama latinnya Jatropha mulitifida Linn. Tanaman ini dikenal karena bisa menghentikan darah yang mengucur pada luka baru. Pada tanaman betadin ini terdapat senyawa flavonoid. Selain itu, dulu saya sering minum air rebusan daun pepaya untuk mengobati penyakit malaria yang terkadang kambuh-kambuhan. Menurut pengalaman saya pribadi sebagai penderita malaria sejak kecil, daun pepaya yang direbus dan diminum airnya adalah cara yang ampuh untuk menyembuhkan malaria. Biasanya malaria saya kambuh apabila badan sangat lelah dan badan mulai terasa panas dingin. Pada kondisi ini saya tidak mau terkena olehair atau memilih tidak mandi pada saat pulang kerja dengan kondisi begini. Karena jika terkena air sedikit maka dengan seketika badan akan menggigil kedinginan dan harus memakai selimut berlapis-lapis. Jika saya meminum air rebusan daun pepaya ini pada saat kambuhnya penyakit malaria maka seingat saya, badan akan sembuh sebelum tiga hari berlalu.
Misteri Khasiat Setiap Tumbuhan Secara Pasti Hanya Tuhan Yang Tahu

Saya salah satu orang yang mengagumi kebesaran Tuhan akan sangat banyaknya jenis tumbuhan-tumbuhan yang ada di muka bumi ini. Itulah mengapa saya sangat senang sekali makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Dulu sewaktu kecil dan masih tinggal dengan orang tua, saya akan memakan semua jenis dedaunan yang disajikan oleh ibu saya sebagai lalapan. Dengan menyadari sejenak memang kita ini sangatlah kecil dihadapan Allah Maha Pencipta. Betapa tidak satu jenis tumbuhan saja tidak mampu kita mengungkapkan misteri yang tersembunyi di dalamnya. Misalnya semua zat-zat yang dikandung, proses pembentukan zat tersebut, hal-hal yang mendukung pembentukan mencakup suhu, cuaca dan segala macam lainnya, terus tumbuhnya seperti apa bentuknya dan segala macam hal-hal yang berhubungan mulai dari yang paling kecil sampai yang paling besar. Jika memang anda sudah mengetahui semua rahasia yang tersembunyi pada suatu tumbuhan atau tanaman buah maka coba anda buat sendiri tumbuhan tersebut dengan tangan anda sendiri. Atau coba anda membuat satu buah apel tanpa adanya proses alami (ketentuan Allah), saya yakin anda tidak akan sanggup. Sekarang coba bayangkan betapa sulit dan rumitnya hingga jauh dari jangkauan akal pikiran kita hanya untuk mengungkapkan rahasia satu tanaman saja. Apalagi harus melihat semua ciptaan yang ada di langit dan di bumi.

Tumbuhan Tradisional dan Khasiatnya


Berikut ini 10 jenis tumbuhan tradisional dan khasiatnya yang umum dikenal :
  1. Kunyit. Tumbuhan ini berkhasiat untuk menyembuhkan diabetes melitus, tifus, disentri, usus buntu, keputihan, menstruasi kurang lancar, memperlancar ASI, berak lendir, amandel dan penyakit-penyakit lainnya.
  2. Jahe. Tumbuhan ini berkhasiat untuk menyembuhkan masuk angin, mual, batuk, kepala pusing, lemah syahwat, rematik, pegal-pegal, anti pembekuan darah, menurunkan kadar kolesterol, dll.
  3. Lengkuas. Tumbuhan ini berkhasiat untuk menyembuhkan rematik, sakit kepala, obat gosok, kurap, panu dan banyak lagi khasiat yang lain.
  4. Kencur. Tumbuhan ini berkhasiat untuk menyembuhkan sakit kepala, diare, influenza pada bayi, radang lambung, menghilangkan darah kotor, memperlancar haid, menghilangkan lelah, tapal untuk keseleo, mata pegal, masuk angin dan lain sebagainya.
  5. Kunyit Putih. Berkhasiat untuk mempersempit organ kewanitaan, menghambat pertumbuhan sel kanker, meningkatkan nafsu makan, mengurangi lemak di perut, memperkuat syahwat, mengobati sesak nafas, penurun panas, penangkal racun, sakit perut, pencahar, mengecilkan rahim setelah persalinan, anti oksidan, mengobati luka, dan lain-lain.
  6. Daun Pepaya. Berkhasiat untuk menyembuhkan malaria, menambah nafsu makan, obat jerawat, mengurangi nyeri haid, melancarkan pencernaan, anti kanker, melawan kanker serviks dan demam berdarah.
  7. Daun Jambu Biji. Daun dari tanaman jambu biji ini berkhasiat untuk menyembuhkan diare, sariawan, maag, masuk angin, mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena disentri, antiinflamasi, antimikroba, luka berdarah, borok di sekitar tulang, kencing manis, ambeien, dan kembung pada anak-anak.
  8. Daun Sirih. Berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut, menguatkan gigi, meluruhkan kentut, obat batuk, keputihan, bau badan, mengobati mimisan, diare, alergi, bronkhitis, keputihan, mencuci mata merah dan gatal, sariawan, gusi bengkak serta banyak lagi khasiat lainnya.
  9. Tumbuhan Kumis Kucing. Tumbuhan yang dikenal sejak zaman nenek moyang ini berkhasiat untuk mengobati gangguan saluran kencing, mencegah batu ginjal, mencegah darah tinggi, menurunkan demam, mengobati keputihan, encok, infeksi ginjal dan peluruh air seni.
  10. Lidah Buaya. Berkhasiat untuk menyuburkan rambut, mengobati luka bakar, bisul, kencing manis, sesak nafas, wasir, sembelit, kencing darah, meredakan kulit yang melepuh, mengobati gatal karena gigitan serangga, luka kecil akibat irisan pisau, kutu air, body lotion, krim anti penuaan atau keriput, mengurangi jerawat dan banyak lagi khasiat lidah buaya lainnya.
Jadi kesimpulanya, disekitar kita ternyata banyak tersedia tumbuhan-tumbuhan tradisional yang bisa dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Di lingkungan rumah anda sebaiknya terdapat aneka ragam tumbuhan sebagai persiapan untuk pertolongan pertama pada penyakit. Untuk menanam semua jenis tumbuhan di atas tidak usaha karena tidak memerlukan perawatan tertentu. Apalagi tanah kita ini terkenal subur sejak dulu kala.

Popular posts from this blog

Ngewe ABG SMU yang Super Seksi

Cerita Seks Ngawek Hot Bangat yang akan kuceritakan di Bergairah.org ini adalah pengalamanku ngentot cewek sma bispak tapi aku akui toketnya gede banget dan amoi banget memeknya. Berawal dari aku yang dapat tender gede, aku dan temanku akhirnya ingin sedikit bersenang-senang dan mencoba fantasi seks baru dengan cewek-cewek abg belia. Akhirnya setelah tanya kesana kemari, ketemu juga dengan yang namanya Novi dan Lisa. 2 cewek ini masih sma kelas 3, tapi mereka sangat liar sekali. Baru kelas 3 sma aja udah jadi lonte perek dan cewek bispak. Apalagi nanti kalo dah gede ya ? memeknya soak kali ye   . Ahh tapi saya ga pernah mikirin itu, yang penting memeknya bisa digoyang saat ini dan bisa muasin kontol saya. Udah itu aja yang penting. Untuk urusan lainnya bukan urusan saya   . Aku segera mengambil HP-ku dan menelpon Andi, temanku itu. “Di.., OK deh gue jemput lu ya besok.. Mumpung cewek gue sedang nggak ada” “Gitu donk.. Bebas ni ye.. Emangnya satpam lu kemana?” “Ke Sura

RPP MULOK PERTANIAN KELAS IX

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bermuatan lokal (MuLok) untuk menanamkan pengetahuan tentang arti penting kesetimbangan lingkungan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip Pertanian Organik diantaranya Budidaya Tanaman dengan Menggunakan Pupuk Organik. Naskah berikut saya sadur dari presentasi seorang guru SLTP di sebuah web (mohon maaf, karena filenya sudah cukup lama saya tidak sempat menyimpan alamat webnya). "Arti Penting Pertanian Organik", itu dia phrase (rangkaian) kata kuncinya. Berikut merupakan contoh Mulok Bidang Pertanian untuk SLTP. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                 Mata Pelajaran       : Muatan Lokal Pertanian                                                 Satuan Pendidikan : SMP                                                 Kelas/Semester       : IX/II                                                 Tahun Pelajaran    : 2011/2012  1.        Jumlah Minggu Efektif No Bulan Banyaknya Minggu

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel dengan Timur Imam Nugroho

Kisah cinta antara Nurfitria Sekarwilis Kusumawardhani Gobel atau yang akrab disapa dengan Annie dengan Timur Imam Nugroho atau Imung, sangatlah panjang. Mereka mengawali perkenalan mereka sejak lima tahun, di Australia. Saat itu keduanya sedang menimba ilmu di Australia. Timur merupakan kakak kelas dari Anni, dari situ keduanya saling mengenal satu sama lain, dan akhirnya memutuskan untuk pacaran. “Kita awalnya saling berkenalan, lalu memutuskan untuk kenal lebih dekat sudah sejak 5 tahun lalu,” ungkap Annie, saat diwawancarai Gorontalo Post, di rumah adat Dulohupa, Jumat (23/9). Anni mengatakan selama 5 tahun masa perkenalan tentunya mereka sudah banyak mengenal kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga mereka selalu berusaha untuk saling melengkapi. Lima tahun merupakan waktu yang sangat cukup, hingga akhirnya keduanya saling memutuskan untuk melangsungkan pernikahan pada tanggal 17 September 2016, di Kalibata, Jakarta. Annie merupakan lulusan dari RMIT University, Bachelo